Politik

Korban Tsunami Lebak Ogah Golput

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Korban Tsunami Lebak Ogah Golput - Politik

MENGUNGSI-Korban tsunami Banten di lokasi pengungsian.FOTO:IST

INDOPOS.CO.ID - Masyarakat yang terdampak bencana pergerakan tanah di Desa Sudamanik Kecamatan Cimarga dan Desa Gunungwangun Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak,Banten siap mensukseskan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) 2019.

"Kita memiliki kewajiban untuk mensukseskan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin bangsa serta wakil rakyat itu," kata Ubay, seorang tokoh masyarakat Desa Sudamanik Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Sabtu (23/3/2019).

Masyarakat di sini kendati pun terdampak bencana pergerakan tanah, namun pelaksanaan pemilu serentak yang berlangsung 17 April 2019 harus sukses. Pesta demokrasi itu tentu wajib dilaksanakan guna melahirkan pemimpin yang mampu mensejahterakan masyarakat.
Oleh karena itu, masyarakat siap mensukseskan pemilu dengan mendirikan tempat pemungutan suara (TPS).

"Semua warga di sini yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) wajib mendatangi TPS untuk menggunakan hak suara memilih pasangan calon presiden, legislatif dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu," ujarnya menjelaskan.

Menurut dia, masyarakat yang terdampak bencana alam di Desa Sudamanik itu mencapai 399 jiwa dan mereka masih tinggal di permukiman dengan menempati rumah yang ada, meski mengalami retak-retak.

Pemerintah daerah hingga kini belum melakukan relokasi ke tempat yang lebih aman. Masyarakat di sini sekitar 399 jiwa merasa sangat senang menyambut pemilu serentak,walau kondisi dilanda bencana alam.

"Kami menjalin kerja sama dengan petugas KPPS juga PPK untuk mensukseskan pemilu damai," katanya menjelaskan. Begitu juga Amin, petugas Desa Gunungwangun Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak mengatakan, bencana pergerakan tanah di wilayahnya sudah berlangsung dua bulan terakhir, namun tidak menjadi halangan maupun hambatan untuk mensukseskan pemilu 2019.

Penyelenggaraan pemilu itu wajib dilaksanakan,meski dilanda bencana alam.

"Kami siap 100 persen untuk melaksanakan pemilu 2019," katanya.

Ia mengatakan, warganya berpenduduk 71 jiwa sudah siap mendirikan TPS di beberapa titik di Desa Gunungwangun. Kemungkinan pelaksanaan pemilu di lokasi bencana alam relatif aman dan warga dapat menggunakan pilihan politik. "Kami menjamin pemilu di sini berlangsung tertib, lancar dan aman," katanya.

Ketua KPU Kabupaten Lebak Ni'matullah mengatakan masyarakat adat Badui juga warga yang tinggal di permukiman bencana pergerakan tanah siap melaksanakan pemilu 2019.

Selama ini, masyarakat Kabupaten Lebak mendukung penyelenggaraan pemilu 2019 berjalan lancar dan sukses."Kami pekan depan sudah mendistribusikan sejumlah logistik ke tingkat PPK," katanya.(ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Banten Raya / Tidak Netral dalam Pemilu 2019, ASN di Banten Disanksi Berat

Ekonomi / Stabilitas Harga Pangan Redam Gejolak Politik

Politik / Kivlan Zen Diperiksa Bareskrim Polri Rabu

Nasional / KPK Sebut Ada 685 Caleg Terpilih Telah Sampaikan LHKPN


Baca Juga !.