Bola Dunia

David de Gea Enggan Bertahan di Manchaster United

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
David de Gea Enggan Bertahan di Manchaster United - Bola Dunia

Kiper Manchester United David de Gea. Foto: Oli Scarff / AFP

indopos.co.id - Manchester United selalu berhadapan dengan masalah yang sama tiap kali akan memasuki musim baru. Ya, masalah itu bernama David de Gea. Sama seperti pada musim-musim sebelumnya, De Gea bak membiarkan United “terpenjara” pada awal musim dengan tak mau meneken ekstensi kontrak anyar.

Durasi kontrak De Gea untuk United hanya tersisa semusim sampai Juni 2020. Kemarin WIB (22/5/2019), portero 28 tahun tersebut enggan memperpanjang kontraknya. Seperti dikutip The Sun. Tawaran gaji tertinggi di Premier League sebesar GBP 365 ribu (Rp 6,70 miliar) pun tidak membuatnya berpaling tetap loyal bagi The Red Devils, julukan United. Padahal, sodoran yang dilakukan pihak United kemarin adalah kesempatan terakhir baginya meneken kontrak.

''Dia sudah tidak ingin lagi bertahan di United,'' ucap salah satu sumber terdekat De Gea, seperti yang dilaporkan Daily Mail. Performanya sepanjang musim 2018 – 2019 kemarin sudah bisa jadi bukti bahwa kiper terbaik Premier League 2017 – 2018 itu sudah tak betah lagi berada di Carrington, sebutan kamp latihan United.

Musim lalu, De Gea kemasukan sampai 63 gol di semua ajang. Dari jumlah itu, total ada 54 gol kemasukan di ajang Premier League. Sepanjang karirnya, baru kali ini De Gea gagal membendung gawangnya dari kemasukan sampai tembus 50 gol per musim. Selain itu, De Gea melakukan dua kali blunder fatal musim ini.

Terakhir, blundernya saat klub berjuluk The Red Devils itu jadi bulan-bulanan Barcelona di Camp Nou, Barcelona, pada leg kedua perempat final Liga Champions (17/4). Pelatih United Ole Gunnar Solskjaer masih konfiden dengan masa depan De Gea bersama klubnya. Masih ada semusim tersisa.

Yang membedakan antara godaan musim panas ini dengan musim-musim sebelumnya di dalam karir De Gea bukan dari Real Madrid. Melainkan dari Eropa Paris Saint-Germain (PSG). Les Parisien, julukan PSG, bahkan berani membayar lebih mahal dari iming-iming tawaran gaji dari pihak United.

Daily Star melaporkan, klub penguasa Ligue 1 itu ingin menjadikan De Gea kiper dengan bayaran termahal di dunia. Konon PSG berani menggaji De Gea dengan nominal GBP 450 ribu (Rp 8,2 miliar) tiap pekan. Lebih dari dua kali lipat dari bayarannya saat ini, GBP 200 ribu (Rp 3,67 miliar) per pekan. 

Kepada Sky Sports, Solskjaer menegaskan bahwa bukanlah dia yang menentukan masa depan De Gea di klub penghuni Old Trafford, Manchester, itu. Menurut Solskjaer kontrak mantan kiper Atletico Madrid itu ada di tangan petinggi klub. Salah satunya Wakil CEO United Ed Woodward.

''Klub dan David masih berdialog, semoga keduanya dapat mencapai kesepakatan, meski keputusan bukan di tangan saya. Tetapi saya harap mereka menyepakatinya,'' tutur Solskjaer. Di musim depan, lanjut Solskjaer, De Gea akan tetap jadi pemain United. ''Dia pemain terbaik, tak tahu berapa tahun lagi. Yang jelas, kami senang bisa memilikinya,'' tambah pelatih yang baru di United kurang dari tiga bulan itu.

Hal yang sama juga diungkapkan pelatih De Gea di United, Emilio Alvarez. ''Bakal sulit bagi klub ini menemukan pengganti David,'' klaim Alvarez, yang konon masa depannya di klub juga tergantung dari kontrak De Gea itu, dikutip Manchester Evening News. Di United, De Gea memang nyaris tak tergantikan.

Dari 53 laga yang dijalani Antonio Valencia dkk di semua ajang, 47 di antaranya dengan menyertakan De Gea. Atau, 88,6 persen kontribusinya. Sergio Romero, pelapisnya, hanya dapat kesempatan main di enam laga. Sekali di Liga Champions dan lima lainnya di Piala Liga dan di Piala FA. Rumor-rumor media baru menyebut nama Jasper Cillessen, kiper kedua Barca. Selain Cillessen, United kemungkinan menarik kiper mudanya yang dipinjamkan ke Sheffield United, Dean Henderson. Dia sukses membawa The Blades, julukan Sheffield United, promosi ke level Premier League dengan 21 clean sheet-nya. (koc)

Baca Juga


Berita Terkait

Bola Dunia / Semuanya Antre Tanda Tangan De Gea

Bola Dunia / Banyak Dikritik, Pogba Ubah Gaya Cetak Gol Lewat Titik Finalti

Bola Dunia / Pil Pahit Rotasi


Baca Juga !.