Megapolitan

Bus di Bekasi Bakal Berbasis Online

Redaktur: Syaripudin
Bus di Bekasi Bakal Berbasis Online - Megapolitan

DISASAR ONLINE - Armada bus Trans Patriot milik Pemkot Bekasi bakal dijadikan angkutan daring. Foto: Deny Iskandar/INDOPOS

indopos.co.id - Setelah angkutan perkotaan (Angkot) dijadikan transportasi daring, kini giliran layanan bus Trans Patriot milik Pemerintah Kota Bekasi yang akan dirancang sebagai angkutan online. Rencananya, ada 20 unit bus yang segera dikembangkan untuk layanan online.

"Ada rencana untuk menggandeng Bus Trans Patriot agar dijadikan angkutan online," kata CEO Tron David Santoso di Bekasi, Rabu (22/5/2019). David menjelaskan, pengembangan angkutan online dari angkot ke armada bus merupakan upaya untuk meningkatkan minat warga dalam menggunakan angkutan umum di Kota Bekasi.

"Angkot online yang belum satu bulan kita resmikan cukup disambut antusias warga. Kita ingin kembangkan ke angkutan bus," ujarnya.

Hanya saja, kata dia, untuk memenuhi semua rencana itu pihaknya masih menunggu keputusan Pemerintah Kota Bekasi. Menurutnya, keputusan itu yang akan menjadi acuan untuk melakukan tindakan selanjutnya.

"Kita sudah saling bertemu, bicara soal rencana itu. Kita tunggu hasilnya seperti apa karena busnya juga masih proses tahapan agar bisa beroperasi," ungkapnya.

Saat ini, kata dia, sudah ada 100 penumpang yang mulai menggunakan jasa transportasi online. Padahal, kata dia, layanan angkot online ini baru dilakukan di dua trayek yakni K-11A jurusan Terminal Bekasi-Rawalumbu-Narogong-Bantargebang dan kedua angkot K-11B jurusan Terminal Bekasi-Wijayakusuma Bekasi Timur.

"Jumlah penumpang yang naik angkot online terus bertumbuh. Sampai saat ini rata-rata 100 penumpang tiap harinya," ujarnya.

Sementara itu, Bagian Humas Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) selaku pengelola bus Trans Patriot Iqbal Daut mengatakan, sudah ada itikad kerja sama dengan pengelola transportasi online.

Sedangkan realisasi rencana kerja sama tersebut, masih menunggu keputusan Walikota dan proses penyelesaian tahapan sebelum pengoperasian bus-bus tersebut.

"Saat ini masih dalam tahap berita acara dan aspek legalitas adminisntrasinya. Tunggu semua itu selesai dahulu," katanya.

Iqbal mengakui, jumlah penumpang bus Trans Patriot setiap harinya sekitar 1.000 penumpang. Bahkan, untuk sekali perjalanan, bus tersebut sudah mampu mengangkut 20-30 penumpang.

"Total kan ada sembilan bus Trans Patriot yang beroperasi. Sembilan bus itu bisa 4-5 kali rit atau perjalan. Ya dikali saja, total sekitar 1.000 penumpang tiap harinya," tandasnya. (dny)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Ini Aturan Baru PPDB SMP 2019

Megapolitan / Pemkot Bekasi Larang Pejabat Terima Parsel Lebaran

Megapolitan / PSU Masih Dianggap Sepele, Pemkot Bekasi Kejar Pengembang

Megapolitan / Ragam Masalah Akses Mudik, Masih Ada Jalan Rusak

Megapolitan / Timbulkan Kemacetan, Proyek TOD Diprotes


Baca Juga !.