Nasional

Peluang PAN - PD Isi Kursi Pimpinan MPR

Redaktur: Riznal Faisal
Peluang PAN - PD Isi Kursi Pimpinan MPR - Nasional

Sekjen Partai Nasdem. Johnny G Plate. Foto : Charlie Lopulua/INDOPOS

indopos.co.id - Partai politik Koalisi Indonesia Kerja (KIK) tidak menutup kemungkinan akan mengajak Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat (PD) untuk mengisi posisi calon pimpinan MPR RI.  Walaupun kursi tersebut diperebutkan pula oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golkar.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem, Johnny G Plate menilai, perlu adanya pertimbangan rasional dalam mengambil keputusan politik. "Kursi pimpinan MPR RI hanya lima, karenanya perlu pertimbangan yang rasional," kata Johnny kepada wartawan, Kamis (23/5/2019).

Selain itu, dia menambahkan, koalisi pendukung Capres dan Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin itu juga memperhatikan kekuatan politik yang ada di DPR.

Berdasarkan perolehan kursi DPR di Pileg 2019, kali ini Demokrat berada di urutan ketujuh dengan perolehan 7,77 persen suara, PAN berada di urutan kedelapan dengan 6,84 persen. Sedangkan Nasdem di urutan kelima dengan 9,05 persen.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga mengungkapkan, KIK membuka ruang dialog terkait pengisian jabatan pimpinan legislatif. Menurutnya, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf ke depan sangat terbuka dan mengedepankan semangat gotong-royong, dan membangun persaudaraan nasional.

"Kami akan dialog terlebih dahulu. Tapi, sebagai kemungkinan, terhadap posisi di MPR, kami membuka ruang untuk diisi partai lain," ujar Hasto di Jakarta, kemarin.

Diketahui, sejumlah partai seperti PKB dan Golkar menyampaikan keinginannya untuk mengisi kadernya di struktural pimpinan MPR. PAN dan Demokrat juga semakin menunjukkan kemesraannya dengan Presiden Jokowi yang sementara ini ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional. (aen)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.