Joe Biden Sebut Putin Telah Putuskan Serang Ukraina

ukraina

Ilustrasi militer Rusia di perbatasan Ukraina. Foto: Wikimedia Commons/Sebastian Meyer

INDOPOS.CO.ID – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden meyakini bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah membuat keputusan untuk menyerang Ukraina.

Dia menyampaikan putusannya, pada akhir diplomasi dan di tengah laporan ledakan di wilayah yang dikuasai oleh separatis pro-Rusia. Para pejabat percaya bisa menjadi serangan awal dari invasi.

“Sampai saat ini, saya yakin dia telah membuat keputusan,” kata Joe Biden kepada awak media di Gedung Putih seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (19/2/2022).

Laporan itu didasarkan pada ‘kemampuan intelijen yang signifikan’ dari Washington. Tapi dia, bersikeras Putin bisa mengubah arah jika besedia.

“Rusia masih bisa memilih diplomasi,” ucap Biden. “Belum terlambat untuk mengurangi ketegangan dan kembali ke meja perundingan,” tambahnya.

The Washington Post pernah melaporkan ada penumpukan pasukan Rusia di dekat Ukraina baru-baru ini. Bahkan dalam beberapa hari terakhir menunjukkan kereta dan konvoi militer Rusia memindahkan sejumlah besar perangkat keras militer, termasuk tank dan rudal, di Rusia selatan dan barat.

Citra satelit juga menunjukkan bahwa pasukan dari Tentara Gabungan ke-41 Rusia, yang biasanya berbasis di kota Novosibirsk, Siberia, tidak kembali ke Siberia setelah latihan, dan malah bergabung dengan pasukan Rusia lainnya di dekat perbatasan Ukraina. (dan)

Exit mobile version