Indonesia Jadi Medan Tarik Menarik AS dan Sekutunya Dampak Situasi di Ukraina

tank

Sejumlah tank tempur bantu Ukraina saat digempur Rusia. (Ist)

INDOPOS.CO.ID – Serangan Rusia ke Ukraina tidak kunjung selesai. Gencatan pun senjata masih belum berhasil. Kini tersiar kabar Presiden Rusia Vladimir Putin berencana hadir di KTT G20, akhir 2022 di Bali, Indonesia.

Setelah pengenaan sanksi ekonomi oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutunya, konflik di negara Eropa timur itu kian meluas. Tidak hanya antara Rusia dan Ukraina, namun antara Rusia dengan AS dan sekutunya.

“Indonesia menjadi medan tarik menarik konflik Rusia dengan AS dan sekutunya, mengingat akan menyelenggaran KTT G20, November mendatang,” kata Pengamat Hubungan Internasional dari Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana saat dikonfirmasi, Jakarta (24/3/2022).

Bahkan AS dan sekutunya minta kepada Indonesia sebagai Presiden G20, untuk mempertimbangkan keanggotaan Rusia.

“Australia mengancam tidak akan hadir dalam KTT bila Rusia hadir. Sementara Dubes Rusia mengkonfirmasi kehadiran Presiden Putin di Indonesia,” tutur Hikmahanto.

Duta Besar Rusia di Jakarta, Lyudmila Vorobieva menyatakan, bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin bakal datang ke Bali, Indonesia pada November mendatang.

“Sejauh ini dia (Putin) mau datang ke KTT G20. Tapi tergantung pada situasi,” kata Lyudmila Vorobieva dalam konferensi pers, Rabu (23/3/2022). (dan)

Exit mobile version