Rusia Hadirkan Bukti Baru Tentang Biolab Ukraina

Biolaboratorium

Ilustrasi-Biolaboratorium. Foto: rt.com

INDOPOS.CO.ID – Militer Rusia mempresentasikan dokumen yang menunjukkan minat Ukraina dalam menggunakan drone untuk mengirimkan senjata patogen yang dikembangkan di biolab yang didanai AS. Selain itu, dalam dokumen tersebut terungkap nama pejabat AS yang terlibat dalam proyek biolab, dan peran yang dimainkan putra Presiden AS Joe Biden saat ini dalam program tersebut.

Salah satu bukti kunci adalah surat dari perusahaan Ukraina Motor Sich kepada produsen drone Turki Baykar Makina, pembuat UAV Bayraktar TB2 dan Akinci pada 15 Desember 2021.

Pihak Ukraina secara khusus menanyakan apakah drone tersebut dapat membawa 20 liter muatan aerosol hingga jangkauan 300 kilometer, menempatkannya dalam jangkauan puluhan kota besar Rusia dan hampir semua Belarusia.

“Kita berbicara tentang pengembangan sarana teknis pengiriman dan penggunaan senjata biologis oleh rezim Kiev dengan kemungkinan penggunaannya melawan Federasi Rusia,” kata Letnan Jenderal Igor Kirillov, Komandan Pasukan Perlindungan Nuklir, Biologis dan Kimia Rusia seperti dikutip rt.com, Jumat (1/4/2022).

Kirillov juga merujuk paten AS (No. 8.967.029) untuk mekanisme penyebaran patogen aerosol dari drone. Tanggapan AS terhadap penyelidikan Rusia tahun 2018 tentang paten ini tidak menyangkal keberadaannya, tetapi mengklaim bahwa itu secara teknis tidak melanggar kewajiban Washington berdasarkan perjanjian yang melarang senjata kimia dan biologi.

Kirillov menunjukkan kontrak yang ditandatangani antara lembaga pemerintah AS, Badan Pengurangan Ancaman Pertahanan (DTRA), Pentagon, Departemen Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan Ukraina, serta fasilitas khusus di dalam Ukraina. Pentagon menghabiskan lebih dari USD 30 juta untuk penelitian biologi hanya di satu fasilitas Ukraina, Pusat Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan.

“Pejabat Defense Threat Reduction Agency (DTRA) Robert Pope adalah salah satu tokoh kunci dalam program tersebut, dan penulis gagasan untuk menciptakan pusat penyimpanan mikroorganisme yang sangat berbahaya di Kiev,” kata Kirillov.

Menurut Kirillov, proyek biologis Pentagon di Ukraina dikoordinasikan oleh Joanna Wintrol, Kepala Kantor DTRA di Kiev, hingga dia pergi pada Agustus 2020. Dia secara langsung mengawasi proyek UP-4, UP-6, dan UP-8 untuk mempelajari patogen mematikan, termasuk antraks, demam Kongo-Krimea, dan leptospirosis.

Kirillov menjelaskan titik kontak badan AS itu adalah Menteri Kesehatan Ukraina (2016-2019) Ulyana Suprun, yang juga warga negara AS. Sementara perantara utama adalah kontraktor swasta Black and Veatch, yang kantornya di Kiev dipimpin oleh Lance Lippencott. Kontraktor Pentagon lainnya, Metabiota, juga berperan dalam proyek tersebut.

“Hunter Biden, putra Presiden AS saat ini Joe Biden, memainkan peran penting dalam menciptakan peluang finansial untuk bekerja dengan patogen di wilayah Ukraina,” ungkap Kirillov menunjuk ke beberapa email antara dia (Hunter Biden) dan eksekutif Metabiota dan Black and Veatch .

Secara khusus, Kirillov menggambarkan Metabiota VP sebagai “orang kepercayaan Hunter Biden,” berdasarkan korespondensi mereka. Menurut sang jenderal iultu, media Barat telah mengkonfirmasi keaslian email-email ini, mungkin referensi ke materi yang diterbitkan minggu lalu oleh surat kabar Inggris Daily Mail.

Bahkan Kiev prihatin dengan biolab, menurut memo yang ditunjukkan Kirillov. Sebuah surat tahun 2017 dari Departemen Kherson dari Layanan Keamanan Ukraina (SBU) mengatakan bahwa DTRA dan Black serta Veach bermaksud untuk membangun kontrol atas fungsi laboratorium mikrobiologi di Ukraina yang melakukan penelitian tentang patogen infeksi berbahaya yang dapat digunakan untuk membuat atau memodernisasi senjata biologis jenis baru.

Menunjuk dokumen Juni 2019 dari Pusat Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Ukraina, Kirillov bertanya-tanya mengapa dokumen itu bersikeras menjaga kerahasiaan dan mengharuskan insiden “serius” “termasuk kematian subjek” harus dilaporkan ke otoritas bioetika AS.

“Kami tidak mengesampingkan bahwa program penelitian resmi hanya bagian yang terlihat dari gunung es. Sementara dalam praktiknya, sukarelawan terinfeksi virus demam Kongo-Krimea, hantavirus, dan agen penyebab leptospirosis,” kata jenderal itu, menuduh AS meremehkan warga Ukraina dan memperlakukan mereka sebagai kelinci percobaan untuk eksperimen biologis dan medis.

AS telah lama mengklaim bahwa tuduhan tentang biolaboratorium yang didanai Pentagon di Ukraina adalah disinformasi Rusia. Awal bulan ini, bagaimanapun, diplomat AS Victoria Nuland bersaksi di depan Senat bahwa laboratorium penelitian biologi di Ukraina memang ada, dan bahwa Washington bekerja dengan Kiev untuk memastikan bahwa bahan penelitian biologi tidak jatuh ke tangan pasukan Rusia.

Menurut Kirillov, semua biomaterial patogen yang disimpan di Ukraina diangkut dengan pesawat angkut militer ke Amerika Serikat melalui Odessa pada awal Februari 2022. Pada 24 Februari, ketika pasukan Rusia memasuki Ukraina, Kementerian Kesehatan di Kiev memerintahkan strain yang tersisa untuk dihancurkan.

Kirillov mengatakan bahwa intervensi Rusia menghentikan kegiatan di lima biolab Ukraina yang telah bekerja dengan antraks, tularemia, brucellosis, kolera, leptospirosis, dan demam babi Afrika. (dam)

Exit mobile version