Rusia Klaim Telah Hancurkan Pabrik Tank di Kiev

Asap Tebal

Gumpalan asap di atas Kiev, Ukraina, 16 April 2022. (rt.com)

INDOPOS.CO.ID – Juru Bicara Kementerian Pertahanan Mayor Jenderal Igor Konashenkov mengatakan Rusia menggunakan serangan presisi tinggi untuk menghancurkan pabrik kendaraan lapis baja di Kiev dan depot perbaikan militer di Kota Nikolaev di Ukraina selatan.

Sebagaimana dilansir rt.com, Minggu (17/4/2022), Konashenkov mengatakan bahwa 16 target terkena tembakan, termasuk unit militer Ukraina, gudang senjata dan amunisi, dan fasilitas radar.

Moskow memperingatkan bahwa mereka akan meningkatkan serangan di Kiev setelah menuduh Ukraina menembaki wilayah Rusia pada hari Kamis. Kiev telah membantah meluncurkan serangan di tanah Rusia.

Rusia mengkonfirmasi pada hari Kamis bahwa kapal penjelajah Moskva, kapal utama armada Laut Hitam negara itu tenggelam setelah kebakaran dan ledakan amunisi di dalamnya. Ukraina, bagaimanapun, mengklaim bahwa mereka menabrak kapal Rusia dengan rudal anti-kapal.

Rusia menyerang Ukraina pada 24 Februari 2022 menyusul kegagalan Ukraina untuk mengimplementasikan ketentuan perjanjian Minsk, yang pertama kali ditandatangani pada 2014, dan akhirnya pengakuan Moskow atas Republik Donbass di Donetsk dan Lugansk.

Kremlin sejak itu menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer NATO yang dipimpin AS.

Kiev menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan dan membantah klaim bahwa pihaknya berencana untuk merebut kembali kedua republik itu dengan paksa. (dam)

Exit mobile version