AS Resmi Blokir Kedutaan Rusia di Washington

Dubes Rusia

Gedung Kedutaan Besar Rusia di Washington, Amerika Serikat. Foto: rt.com

INDOPOS.CO.ID – Duta Besar Anatoly Antonov mengatakan operasi Kedutaan Besar Rusia di Washington telah diblokir secara efektif oleh Amerika Serikat (AS).

“Kedutaan pada dasarnya diblokade oleh otoritas AS. Bank of America telah menutup rekening konsulat jenderal kami di Houston dan New York,” kata Antonov kepada saluran TV Rossiya-1, seperti dikutip rt.com, Senin (25/4/2022).

Diplomat itu menambahkan bahwa personel telah menerima ancaman melalui telepon dan surat.

“Untuk beberapa waktu, bahkan pintu keluar dari kedutaan diblokir [karena] protes yang agak besar. Ada aksi vandalisme, cat dilempar (ke gedung),” katanya.

Serangan terhadap misi Rusia di luar negeri meningkat setelah Moskow meluncurkan kampanye militernya melawan Ukraina pada akhir Februari. Kendaraan menabrak gerbang kedutaan Rusia di Dublin, Irlandia dan Bucharest, Rumania. Aktivis merusak bangunan misi dengan cat di negara-negara seperti Austria dan Latvia.

Banyak negara memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia, dan beberapa negara Barat mengusir diplomat Rusia, yang ditanggapi dengan baik oleh Moskow.(dam)

Exit mobile version