Ahli Ingatkan Inggris akan Hadapi Peningkatan Kasus Cacar Monyet

cacar monyet

Hingga saat ini, tidak ada yang meninggal dalam wabah cacar monyet. (Pusat Pengendalian Penyakit WHO)

INDOPOS.CO.ID – Seorang ahli telah memperingatkan Inggris akan menghadapi peningkatan signifikan kasus cacar monyet minggu depan, karena infeksi baru dilaporkan di daratan Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Lebih dari 100 kasus yang dikonfirmasi atau diduga telah dilaporkan secara global, termasuk 20 di Inggris dengan sebagian besar infeksi di Spanyol terkait dengan sauna di Madrid.

Swiss mencatat kasus pertama yang dikonfirmasi pada hari Sabtu setelah orang yang terinfeksi mengalami demam dan ruam dan merasa tidak sehat.

Infeksi mengikuti kontak fisik dekat di luar negeri dan orang yang terkena diisolasi di rumah.

Pejabat di Belanda mengatakan pada hari Sabtu beberapa pasien telah tertular cacar monyet, sehari setelah negara itu mencatat kasus pertamanya.

Dan di Jerman, setidaknya dua kasus cacar monyet telah dicatat di Berlin setelah infeksi pertama negara itu terdeteksi di Munich pada hari Jumat.

Di AS, dipastikan seorang pasien di New York City telah terjangkit monkeypox (cacar monyet) setelah negara bagian Massachusetts mengkonfirmasi kasus pertamanya awal pekan ini.

Israel juga melaporkan kasus pertamanya pada hari Sabtu, seorang pria berusia 30-an yang telah kembali dari perjalanan ke Eropa Barat. Dia telah dikarantina di pusat medis dengan gejala ringan.

Itu terjadi setelah Spanyol, Portugal, Italia, Swedia, dan Kanada semuanya melaporkan infeksi dalam seminggu terakhir, sebagian besar pada pria muda yang sebelumnya tidak pernah bepergian ke Afrika.

Prancis, Belgia, dan Australia melaporkan kasus pertama mereka pada hari Jumat.

Beberapa klinik kesehatan Inggris sekarang menghentikan orang yang masuk karena mereka mencoba memperlambat penyebaran infeksi.

Presiden Asosiasi Inggris untuk Kesehatan Seksual dan HIV atau The British Association for Sexual Health and HIV (BASHH) mengatakan kepada Sky News bahwa beberapa staf klinik telah menerima vaksin cacar, yang dapat efektif melawan cacar monyet , dan pembicaraan sedang berlangsung tentang pemberian dosis kepada kelompok risiko potensial

“Akan ada lebih banyak diagnosa selama minggu depan. Berapa banyak yang sulit untuk dikatakan. Yang paling mengkhawatirkan saya adalah ada infeksi di seluruh Eropa, jadi ini sudah menyebar. Itu sudah beredar di masyarakat umum. Mendapatkan semua kontak orang-orang itu adalah pekerjaan besar.

“Ini bisa menjadi angka yang sangat signifikan selama dua atau tiga minggu ke depan,” kata Dr. Claire Dewsnap.

Dewsnap mengatakan dia mengharapkan lebih banyak kasus cacar monyet dapat diidentifikasi di seluruh Inggris.

“Saya pasti mengharapkan kenaikan yang signifikan selama minggu depan ini,” tambahnya.

Dewsnap mengaku khawatir tentang dampak pada infeksi lain karena staf dialihkan untuk menangani monkeypox.

“Beberapa klinik yang memiliki kasus harus menyarankan orang untuk tidak masuk kerja,” tambahnya.

“Mereka terutama melakukan itu karena jika seseorang memiliki gejala yang konsisten dengan cacar monyet, kami tidak ingin orang yang duduk di ruang tunggu berpotensi menulari orang lain,” katanya.

Cacar monyet umumnya menyebabkan gejala ringan termasuk demam, nyeri otot dan ruam yang melepuh dan kemudian berkeropeng.

Para ilmuwan mengatakan mereka bingung dengan penyebaran penyakit baru-baru ini di Eropa dan Amerika Utara.

Kasus penyakit terkait cacar sebelumnya hanya terlihat di antara orang-orang yang memiliki hubungan dengan Afrika tengah dan Barat.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan sebagian besar kasus baru-baru ini di Inggris dan Eropa ditemukan pada pria gay dan biseksual.

Ada sekitar 80 kasus yang dikonfirmasi di seluruh dunia dan 50 lainnya yang dicurigai, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Di Spanyol, 24 kasus baru dilaporkan pada hari Jumat, terutama di wilayah Madrid di mana pemerintah daerah menutup sauna yang terkait dengan sebagian besar infeksi.

Hingga saat ini, tidak ada yang meninggal dalam wabah tersebut.

Cacar monyet biasanya menyebabkan demam, menggigil, ruam dan luka di wajah atau alat kelamin.

Penyakit yang pertama kali ditemukan pada monyet ini dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak fisik yang dekat dan disebabkan oleh virus monkeypox.

Profesor David Heymann, seorang ahli epidemiologi penyakit menular di The London School of Hygiene & Tropical Medicine, mengatakan ada dua jenis virus. Ada virus di Afrika tengah yang sangat mematikan, memiliki 10% kematian dan itu menyebabkan penyakit yang terlihat seperti cacar.

“Untungnya, penyakit itu belum menyebar ke luar Afrika, dan mudah-mudahan tidak, karena orang-orang sangat sakit, dan mereka tidak bepergian. Penyakit yang terjadi di Eropa dan Amerika Utara ini adalah jenis virus strain Afrika barat yang sangat moderat, menyebabkan ruam kulit, mungkin satu atau dua lesi pada kulit, dan dapat menyebabkan demam dan pembengkakan kelenjar getah bening, pembengkakan kelenjar dan nyeri otot, tetapi tidak fatal dalam banyak kasus. Ini bisa berakibat fatal pada kurang dari satu persen orang, jadi ini bukan penyakit yang fatal,” kata Profesor David Heymann. (dam)

Exit mobile version