Turki Dukung Finlandia dan Swedia Diundang ke KTT NATO di Spanyol

turki-nato

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (tengah), berjabat tangan dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Madrid, Spanyol, 28 Juni 2022. Foto: rt.com

INDOPOS.CO.ID – Turki akan mendukung Finlandia dan Swedia diundang ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO pada pertemuan puncak di Spanyol.

Hal tersebut disampaikan Presiden Finlandia Sauli Niinisto setelah pertemuan dengan timpalannya dari Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson.

Ketiga negara menandatangani nota kesepahaman pada pertemuan tersebut, yang diselenggarakan dengan dukungan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

“Langkah-langkah konkrit untuk aksesi kami ke NATO akan disepakati di antara sekutu NATO selama dua hari ke depan, tetapi keputusan itu sekarang sudah dekat. Saya senang bahwa tahap perjalanan Finlandia menuju keanggotaan NATO ini telah selesai,” kata Niinisto seperti dilansir rt.com, Rabu (29/6/2022).

Menurut Turki, Finlandia dan Swedia berjanji untuk mengutuk terorisme dalam segala bentuknya dan mengakhiri dukungan mereka untuk organisasi yang telah ditetapkan Ankara sebagai teroris.

“Turki mendapatkan apa yang diinginkannya,” kata Erdogan dalam sebuah pernyataan setelah kesepakatan diumumkan.

Berbicara pada konferensi pers setelah pertemuan, Stoltenberg mengatakan bahwa Finlandia dan Swedia akan menjadi pengamat di NATO pada KTT mendatang. Dia menambahkan memorandum tersebut mencakup ketentuan tentang memerangi terorisme dan ekspor senjata, termasuk mengadopsi undang-undang nasional yang lebih ketat.

Finlandia dan Swedia memberlakukan embargo senjata terhadap Turki pada 2019, atas intervensi Ankara di Suriah. Turki juga dilaporkan menuntut agar Stockholm dan Helsinki menutup kantor dan melarang publikasi milik FETO, membekukan aset yang terkait dengan kelompok yang telah ditetapkan sebagai teroris, dan bahkan melarang mereka berdemonstrasi di depan umum.

Oposisi Ankara mengancam akan menggagalkan rencana NATO untuk mengundang Swedia dan Finlandia pada pertemuan puncak di Madrid yang dimulai pada Selasa depan. Kedua negara Skandinavia yang secara tradisional netral menyatakan keinginan mereka untuk bergabung dengan aliansi yang dipimpin AS tersebut pada April lalu. (dam)

Exit mobile version