Moskow Pastikan Presiden Putin Ambil Bagian dalam KTT G20 di Bali

putin

Vladimir Putin bertemu Joko Widodo di Moskow. (Layanan pers Kremlin)

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengambil bagian dalam KTT G20 di Bali, Indonesia November 2022 mendatang, namun tidak harus secara langsung.

Menurut Kementerian Luar Negeri Rusia, Presiden Rusia Vladimir Putin bermaksud untuk berpartisipasi dalam KTT para pemimpin G20 mendatang di Indonesia, tetapi bagaimana dia melakukannya akan tergantung pada situasi pandemi Covid-19.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia menyebutkan pihaknya menerima undangan dari Indonesia yang ditujukan kepada Putin, dan mengirimkan konfirmasi awal bahwa ia akan mengikuti pertemuan di Bali.

“Format partisipasinya dapat diklarifikasi tergantung pada perkembangan situasi di dunia dan lingkungan sanitasi epidemiologis di Asia Tenggara,” ujar Kementerian Luar Negeri Rusia seperti dikutip rt.com, Kamis (7/7/2022).

Pekan lalu, Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengklaim bahwa kantor Presiden Indonesia Joko Widodo mengesampingkan kehadiran Putin.

“Presiden Widodo mengecualikan itu. Dia tegas. Dia tidak akan datang,” kata Draghi, menyarankan agar pemimpin Rusia itu bergabung melalui tautan video.

Rusia menanggapi pernyataan itu, dengan menyatakan bahwa bukan Italia yang memutuskan bagaimana KTT itu diselenggarakan.

Negara-negara Barat telah mendorong untuk mengisolasi Rusia secara diplomatis sejak menyerang Ukraina pada akhir Februari. Di acara-acara internasional, para pejabat yang mewakili AS dan sekutunya cenderung menghindari rekan-rekan Rusia mereka.

KTT G20 dirasakan oleh banyak pengamat politik sebagai tantangan bagi para pemimpin Barat, mengingat Rusia adalah anggota forum ekonomi. Banyak anggota lain dari kelompok itu, termasuk China dan India, telah menolak untuk bergabung dengan kampanye anti-Rusia yang dipimpin AS, dan beberapa secara terbuka mengkritik kebijakan Amerika mengenai Ukraina.

Presiden Indonesia Joko Widodo mengunjungi Rusia beberapa waktu lalu untuk bertemu dengan Putin. (dam)

Exit mobile version