Inggris Diprediksi Dilanda Suhu Panas Ekstrem Capai 40⁰C

inggris

Peringatan suhu panas ekstrem di Inggris pada tanggal 18-19 Juli 2022. Foto: news.sky.com

INDOPOS.CO.ID – Warga Inggris diminta untuk tetap berada di dalam rumah saat Inggris menghadapi suhu ganas yang menembus 40⁰C. Sebagian besar negara Inggris masuk dalam peringatan merah pertama untuk panas ekstrem.

Keadaan darurat nasional telah diumumkan di tengah ancaman gangguan parah di mana sekolah tutup, rumah sakit membatalkan janji temu pasien dan acara dibatalkan.

Selama seminggu terakhir telah terasa suhu tinggi di seluruh Inggris, tetapi Met Office (Kantor Meteorologi) mengeluarkan peringatan merah untuk Senin dan Selasa dalam indikasi bahwa merkuri bisa melambung lebih tinggi lagi.

Keadaan darurat nasional telah diumumkan dan sebagian besar Inggris masuk dalam peringatan merah pertama Kantor Meteorologi.

Para ahli mengatakan sekarang ada kemungkinan 80% rekor suhu baru dapat ditetapkan, melampaui 38,7⁰C (101,7⁰F) yang ditetapkan pada 2019 dan peluang 50% tertinggi mencapai lebih dari 40⁰C (104⁰F).

Kepala UK Met Office Penny Endersby mengatakan dalam sebuah siaran bahwa panas ekstrem yang diperkirakan saat ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya.

“Di sini, di Inggris, kami terbiasa memperlakukan musim panas sebagai kesempatan untuk pergi dan bermain di bawah sinar matahari. Ini bukan cuaca seperti itu. Gaya hidup dan infrastruktur kami tidak disesuaikan dengan apa yang akan datang. Tolong perlakukan peringatan yang kami berikan dengan serius seperti peringatan merah atau kuning untuk angin atau salju, dan ikuti sarannya,” ujar Penny Endersby seperti dilansir Sky News, Senin (18/7/2022).

Peringatan dari Met Office ini digaungkan oleh Kepala Eksekutif College of Paramedis Tracy Nicholls. Ia mengatakan panas yang ganas yang diperkirakan akan dialami Inggris selama beberapa hari ke depan dapat menyebabkan kematian.

“Ini tidak seperti hari yang panas dan indah di mana kita dapat memakai sedikit tabir surya, pergi keluar dan menikmati berenang dan makan di luar. Ini adalah panas yang serius yang pada akhirnya bisa berakhir dengan kematian orang karena sangat ganas. Kami tidak siap untuk panas semacam itu di negara ini,” kata Tracy Nicholls.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris menaikkan peringatan kesehatan panasnya ke Level 4, atau darurat nasional pada hari Jumat.

Level 4 tercapai ketika “gelombang panas begitu parah dan/atau berkepanjangan sehingga efeknya meluas ke luar sistem perawatan kesehatan dan sosial.

Kantor Meteorologi telah mengeluarkan peringatan panas ekstrem kuning untuk sebagian besar Inggris, yang meluas ke Skotlandia selatan dan Wales dari Senin hingga Selasa.

Peringatan merah juga telah dikeluarkan di sebagian besar Inggris, dari London ke Manchester dan York pada Senin dan Selasa.

Persolan suhu panas ekstrem di Inggris inu telah dilontarkan pada perubahan iklim oleh berbagai ilmuwan.

Ilmuwan atribusi iklim di Met Office Dr Nikos Christidis mengatakan bahwa prediksi di atas 40⁰C pada hari Selasa adalah akibat dari perubahan iklim.

Ada beberapa tips dalam menghadapi suhu panas ekstrem ini yakni jauhkan dari sinar matahari antara jam 11 pagi dan 3 sore dan hindari aktivitas fisik; minum banyak cairan dan hindari alkohol berlebih; tutup tirai di kamar yang menghadap matahari; jangan pernah meninggalkan siapa pun di dalam mobil yang diparkir dan periksa tetangga yang lanjut usia dan rentan; berjalanlah di tempat teduh, oleskan tabir surya dan kenakan topi bertepi lebar; periksa obat-obatan dapat disimpan sesuai petunjuk, dan periksa apakah lemari es, freezer, dan kipas Anda berfungsi dengan baik. (dam)

Exit mobile version