Pasukan China Ikut Latihan Militer Multilateral di Rusia

rusia

Pasukan China berpartisipasi dalam latihan militer di Wilayah Orenburg Rusia. Foto: rt.com

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pertahanan China mengatakan pasukan China akan menjadi salah satu peserta asing pada latihan militer multilateral di Rusia yang disebut Vostok 2022.

“Tentara Pembebasan Rakyat China mengirim personel ke Rusia, untuk memperdalam kerja sama pragmatis dan bersahabat dengan militer negara-negara peserta, meningkatkan tingkat koordinasi strategis di antara para pihak, dan meningkatkan kemampuan untuk menghadapi berbagai ancaman keamanan,” kata Kementerian Pertahanan China seperti dilansir rt.com, Kamis (18/8/2022).

Beijing mencatat bahwa ketegangan regional dan internasional saat ini tidak mempengaruhi keputusannya.

Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa Vostok 2022 akan berlangsung di 13 lokasi di Rusia timur antara 30 Agustus dan 5 September. Dikatakan militer asing diundang, tetapi tidak menyebutkan nama-nama negara yang mengikuti latihan tersebut. Namun pihak China menyebutkan Belarus, India, Mongolia dan Tajikistan merupakan negara tamu yang mengikuti acara tersebut.

Moskow melakukan latihan strategis semacam ini setahun sekali, dengan salah satu dari lima distrik militer Rusia dipilih untuk menjadi tuan rumah.

Pada tahun 2021, manuver Zapad diadakan di barat negara itu, bersama dengan sekutu Rusia Belarusia, sementara pada tahun 2020 latihan Kavkaz berlangsung di selatan, dengan negara-negara seperti Armenia, Iran dan Pakistan berpartisipasi.

Latihan terakhir di distrik militer timur terjadi pada September 2018. Pasukan China dan Mongolia terlibat dalam manuver Rusia saat itu. (dam)

Exit mobile version