Rusia Klaim Telah Hancurkan Delapan Pesawat Tempur Angkatan Udara Ukraina

Jet-Tempur

Pesawat jet tempur Su-27 milik Ukraina. Foto: rt.com

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pertahanan di Moskow mengklaim, dua serangan terpisah oleh pasukan Rusia telah menghancurkan atau melumpuhkan delapan pesawat Angkatan Udara Ukraina.

Juru bicara militer Rusia Letnan Jenderal Igor Konashenkov mengungkapkan dalam satu serangan mendadak, pesawat-pesawat tempur Rusia meluncurkan amunisi presisi di lapangan terbang Ukraina dekat Kota Mirgorod di wilayah Poltava tengah.

“Dua pesawat tempur Ukraina, Su-27 dan Su-24, hancur sementara dua lainnya Su-27 dan Su-24 rusak parah dalam serangan itu,” kata Konashenkov, seperti dilansir rt.com, Jumat (26/8/2022).

Militer Ukraina melaporkan serangan Rusia pada infrastruktur militer di kota itu, tetapi tidak mengungkapkan kerusakan yang timbul dari serangan itu. Menurut pihak Rusia, sebanyak 30 nasionalis Ukraina terbunuh.

Serangan presisi kedua, kata Konashenkov yakni menghantam pangkalan udara militer Dnepr di wilayah Dnepropetrovsk, menghancurkan tiga pesawat militer yang tidak disebutkan jenisnya. Hingga Kamis (25/8), Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim telah menghancurkan 273 pesawat militer Ukraina sejak diluncurkan operasi pada 24 Februari 2022.

Pejabat Rusia itu juga mengkonfirmasi serangan di stasiun kereta api di Kota Chaplino, Ukraina, tetapi membantah klaim Kyiv tentang sifat target.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyatakan pada Rabu malam bahwa serangan itu telah menewaskan 22 warga sipil, termasuk seorang anak berusia 11 tahun. Namun kemudian  Kantornya memperbarui jumlah korban tewas pada Kamis menjadi 25 orang.

Konashenkov mengatakan rudal Iskander menabrak kereta yang membawa pasukan Ukraina dan senjata ke arah timur. Dia mengklaim serangan itu menewaskan lebih dari 200 tentara Ukraina dan menghancurkan 10 kendaraan militer. (dam)

Exit mobile version