Lima Pendaki Gunung Klyuchevskaya Sopka Dilaporkan Tewas

Gunung Klyuchevskaya

Gunung berapi Klyuchevskaya Sopka di Semenanjung Kamchatka Rusia. Foto: rt.com

INDOPOS.CO.ID – Komite Investigasi Federal Rusia mengatakan lima orang tewas pada saat mendaki gunung berapi aktif dan tertinggi di Eurasia, Klyuchevskaya Sopka, di Semenanjung Kamchatka di Timur Jauh Rusia.

“Insiden itu terjadi pada hari Sabtu, ketika sekelompok wisatawan berada di ketinggian sekitar 4.150 meter,” kata Komite Investigasi Federal dalam sebuah pernyataan seperti dikutip rt.com, Minggu (4/9/2022).

“Menurut data awal, lima orang tewas setelah jatuh dari ketinggian. Satu orang lagi terluka parah dan masih tidak sadarkan diri,” kata Komite Investigasi.

Salah satu pemandu yang menemani para turis juga mengalami patah kaki, dan rekannya meminta bantuan melalui telepon satelit.

Komite investigasi mengatakan bahwa insiden tersebut masuk dalam kategori kasus pidana yang menyebabkan kematian karena kelalaian atas insiden tersebut.

Kementerian Darurat Rusia mengatakan bahwa mereka telah mengirim penyelamat ke Klyuchevskaya Sopka. Namun, karena tempat kejadian itu terlalu tinggi untuk dijangkau helikopter, maka tim penyelamat harus berjalan kaki ke lokasi kecelakaan dengan jarak 3.300 meter.

Para turis dalam kelompok naas itu berasal dari berbagai bagian Rusia, termasuk Ibu Kota, Moskow. Pendakian mereka diorganisir oleh sebuah perusahaan dari Kota Novosibirsk di Siberia.

Dengan ketinggian 4.649 meter, Klyuchevskaya Sopka adalah gunung berapi aktif tertinggi di Eurasia. Gunung itu terletak di Semenanjung Kamchatka, sebuah daerah terpencil namun indah, di Timur Jauh Rusia. Di sana terdapat lebih dari seratus gunung berapi, termasuk 29 yang aktif. (dam)

Exit mobile version