Dompet Dhuafa Terdepan Dalam Penyaluran Bantuan Banjir Pakistan

duafa

Dompet Dhuafa (DD) membantu korban musibah banjir di Pakistan. Foto: Dompet Dhuafa for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa (DD) terjun langsung membantu korban musibah banjir di Pakistan. Bersama sejumlah donator lainnya, DD menyalurkan bantuan kemanusiaan antara lain berupa bangunan rumah permanen, logistik, dan paket sembako sejak akhir pekan lalu.

“Mewakili manajemen DD, saya menyampaikan duka mendalam atas musibah tersebut. Kita menyiapkan upaya respon kebencanaan bekerjasama dengan KBRI Islamabad dan KJRI Karachi,” ungkap Direktur Dompet Dhuafa Social Enterprise yang tengah berada di Pakistan, Herdiansah.

Banjir Pakistan pada akhir Agustus 2022 merupakan salah satu bencana iklim terburuk yang pernah ada. Banjir monsun akibat meluapnya Sungai Indus itu menyebabkan beberapa bagian Provinsi Sindh menjadi danau seluas 100 kilometer persegi dan diperkirakan baru akan surut enam bulan kemudian.

Pada gambar yang diambil sensor satelit NASA, MODIS, pada 28 Agustus, tampak hujan lebat dan Sungai Indus yang meluap telah menenggelamkan sejumlah wilayah berikut hancurnya sejumlah infrastruktur vital di Provinsi Sindh. Kerugian material diperkirakan mencapai hamper Rp 150 triliun.

Saat ini Pakistan sangat membutuhkan bantuan, terutama bantuan kemanusiaan. Oleh karena itu kehadiran DD mendapat penghargaan tinggi dari Perwakilan RI di Pakistan.

Konsulat Jenderal RI di Karachi mengapresiasi DD yang memberikan respon positif dan terdepan untuk mengirimkan bantuan bagi penyintas banjir Pakistan. “Terimakasih Dompet Dhuafa telah hadir lebih cepat di lokasi bencana banjir Pakistan,” kata Konjen RI Karachi, Dr June Kuncoro.

Dompet Dhuafa, menurut Herdiansah, menargetkan dalam lima hari ke depan mampu menyelesaikan pembangunan dua rumah. Dia berharap bisa membuat 100 rumah. “KBRI pun mengundang kami presentasi membangun rumah model ini,” tutur Herdiansah.

100 paket sembako, distribusi tahap pertama ke 4 (empat Dusun) yang terdampak banjir. Seperti di Dusun Nawab Khan Rind, Muhammad Asyaf Rind, Haji Missari Rind hingga Noor Muhammad Majsi.

Selain sembako dan pembangunan hunian, hari ini Selasa, (20/09/2022) Dompet Dhuafa membantu pengadaan MOVA (Mobile Evacuation) sebagai sarana pendukung bagi para penyintas dalam mobilisasi di wilayah tersebut. (adv)

Exit mobile version