Jet Tempur Su-30 Milik Rusia Tabrak Rumah di Siberia, Dua Orang Tewas

Jet Tempur Su-30 Milik Rusia Tabrak Rumah di Siberia, Dua Orang Tewas - kebakaran ukraina - www.indopos.co.id

Petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api setelah insiden jet tempur Su-30 milik Rusia jatuh dan menabrak rumah warga. Foto: rt.com

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Darurat Rusia melaporkan pada Minggu (23/10/2022), dua pilot tewas ketika sebuah jet tempur Su-30 menabrak sebuah rumah berlantai dua di Kota Irkutsk, Siberia selatan. Gubernur setempat Igor Kobzev mengatakan tidak ada korban lain.

Kementerian Darurat Rusia menjelaskan pesawat itu sedang melakukan uji terbang ketika jatuh. Irkutsk adalah pusat utama industri penerbangan Rusia, dan pusat produksi pesawat militer Sukhoi.

“Pesawat itu menukik ke sebuah gedung berlantai dua, menyebabkan kobaran api yang membentang sekitar 200 meter persegi,” tulis Gubernur Igor Kobzev di Telegram, seperti dikutip rt.com, Senin (24/10/2022).

“Sekitar 150 rumah di daerah itu telah dibiarkan tanpa listrik karena kabel listrik yang rusak, dengan perbaikan saat ini sedang berlangsung,” kata dia.

Gubernur juga menjanjikan pemilik bangunan yang terkena dampak akan mendapat ganti rugi dari pemerintah.

Kementerian Darurat mengatakan petugas pemadam kebakaran, yang dengan cepat tiba di lokasi, dapat segera melokalisir dan memadamkan api.

Komite Investigasi telah mengklarifikasi Su-30 sedang dalam uji terbang, tanpa amunisi di dalamnya.

Sebuah sumber informasi mengatakan, pesawat telah berputar-putar di sekitar Irkutsk selama sekitar 20 menit sebelum turun.

“Jet tempur lain telah dikirim untuk mencari tahu apa masalahnya. Ketika mendekati Su-30, menjadi jelas kedua pilot tidak sadarkan diri,” kata sumber itu.

“Situasinya tidak bisa diperbaiki dan pesawat jatuh ke daerah pemukiman,” tambahnya.

Insiden itu membuat satu rumah hancur total dan satu lagi rusak sebagian.

Ini adalah insiden serupa kedua di Rusia pekan ini, setelah bencana di wilayah Krasnodar pada Senin, yang menewaskan 15 orang dan melukai 26 orang. (dam)

Exit mobile version