Kapal Selam Nuklir Milik Rusia Siap Dioperasikan

Kapal Selam Nuklir Milik Rusia Siap Dioperasikan - kapal selam rusia - www.indopos.co.id

Kapal selam nuklir strategis Rusia, Generalissimo Suvorov. Foto: rt.com

INDOPOS.CO.ID – Kapal selam nuklir baru milik Rusia bernama Generalissimo Suvorov, untuk angkatan laut negara itu siap dioperasikan.

“Generalissimo Suvorov telah menyelesaikan semua tahapan pengujian dengan melakukan beberapa perjalanan ke laut. Sistem kapal telah diuji dalam berbagai mode,” kata Chief Executive Officer (CEO) perusahaan pembuatan kapal Sevmash, Mikhail Budnichenko, seperti dilansir rt.com, Selasa (8/11/2022).

“Sebelum Angkatan Laut Rusia mendapatkan kapal selam baru, serangkaian kegiatan perlu dilakukan di atas kapal, termasuk revisi mekanisme, finishing interior, dan pemuatan peralatan,” katanya.

Pekan lalu, Generalissimo Suvorov berhasil menguji coba rudal balistik yang diluncurkan kapal selam kelas Bulava, mengenai sasaran di tempat latihan di timur jauh Semenanjung Kamchatka dari Laut Putih. Peluncuran dilakukan di bawah air.

K-553 Generalissimo Suvorov adalah kapal keenam dari kapal selam rudal balistik generasi ke-4 Rusia dan kapal produksi massal kedua di kelas Borei-A yang ditingkatkan. Kapal selam kelas ini dapat membawa hingga 16 rudal Bulava berkemampuan nuklir.

Kapal itu dinamai Alexander Suvorov, seorang jenderal abad ke-18 yang dianggap sebagai salah satu komandan militer paling menonjol dalam sejarah negara itu.

Angkatan Laut Rusia mendapatkan kapal selam baru di tengah meningkatnya ketegangan dengan AS dan sekutunya atas konflik di Ukraina. Akhir bulan lalu, baik Rusia maupun NATO mengadakan latihan serangan nuklir, dengan keduanya mengklaim bahwa latihan itu rutin dan tidak ada hubungannya dengan kejadian terkini. (dam)

Exit mobile version