Vladimir Putin Tegaskan Tidak akan Ambil Alih Belarusia

Pertemuan-Presiden-di-Belarusia

Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko di Minsk, Belarusia, pada 19 Desember 2022. Foto: rt.com

INDOPOS.CO.ID – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Kremlin sama sekali tidak memiliki rencana atau minat untuk mengambil alih Belarusia.

Hal itu disampaikan setelah Putin melakukan pembicaraan dengan Presiden Alexander Lukashenko di Minsk.

“Moskow hanya mencari integrasi ekonomi lebih lanjut dengan tetangga dan sekutu terdekatnya, dan mereka yang mengatakan sebaliknya hanya ingin menghentikan proses ini,” ujar pemimpin Rusia itu seperti dikutip rt.com, Selasa (20/12/2022).

“Rusia tidak tertarik menyerang siapa pun,” kata Putin.

Putin mengatakan diskusi Rusia dengan Belarusia, yang semakin intensif baru-baru ini, tidak ada hubungannya dengan kemungkinan pengambilalihan.

“Ini tentang mengoordinasikan kebijakan ekonomi, seperti yang dilakukan di banyak asosiasi integrasi lainnya,” katanya.

“Yang lainnya tidak masuk akal. Semua klaim tentang potensi pengambilalihan berasal dari para simpatisan yang ingin menghentikan proses integrasi kami. Mereka yang membuat klaim seperti itu tidak ingin dihadapkan dengan pesaing yang efektif dan berbahaya di pasar dunia,” kata Presiden Putin.

Pada hari Senin (19/12/2022) kedua pemimpin membahas kebijakan tarif di sektor energi.

“Rusia dan Belarusia memiliki tingkat subsidi yang berbeda di berbagai bidang kegiatan ekonomi,” kata Putin.

Media Barat dan beberapa pejabat Barat telah mengklaim Rusia diduga menyimpan rencana untuk mengambil alih Belarusia untuk beberapa waktu. Spekulasi itu semakin intensif di tengah serangan militer Rusia di Ukraina, yang dimulai pada 24 Februari.(dam)

Exit mobile version