Putin Undang Presiden China untuk Berkunjung ke Moskow

putin

Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping melalui konferensi video di Kremlin di Moskow, Rusia. (rt.com)

INDOPOS.CO.ID – Presiden Rusia Vladimir Putin mengundang mitranya dari China untuk mengunjungi Moskow tahun depan. Vladimir Putin menyampaikan undangan kepada Xi Jinping selama panggilan video pada hari Jumat (30/12/2022).

Putin mengungkapkan bahwa dia dan Xi memiliki kontak reguler, baik secara langsung maupun melalui telepon.

“Pertukaran bilateral intensif akan berlanjut tahun depan. Saya yakin Anda dan saya akan menemukan kesempatan untuk bertemu langsung. Kami mengharapkan Anda sahabatku, untuk kunjungan kenegaraan di Moskow pada musim semi tahun depan,” kata Putin seperti dilansir rt.com, Jumat (30/12/2022).

Menanggapi pernyataan Presiden Rusia itu, Xi pun menyebutnya sebagai teman. Dia berkomentar bahwa di bawah kepemimpinan bersama mereka kemitraan China-Rusia yang komprehensif dan kerja sama strategis di zaman baru menunjukkan kedewasaan dan ketahanan terhadap tekanan.

Kedua pemimpin menyatakan kepuasan mereka dengan perkembangan pesat hubungan antara kedua negara. Keduanya mengakui hubungan baik itu menguntungkan rakyat China dan Rusia serta membantu menciptakan masa depan yang lebih baik bagi dunia.

Putin dan Xi bertemu langsung dua kali pada tahun 2022. Pada bulan Februari, Putin mengunjungi Beijing selama pertandingan Olimpiade yang diselenggarakan di ibu kota China. Pada bulan September, keduanya berpartisipasi dalam pertemuan Organisasi kerja sama Shanghai di Samarkand, Uzbekistan. (dam)

Exit mobile version