PM Polandia Klaim Kekalahan Ukraina Bisa Jadi Awal Perang Dunia Ketiga

PM Polandia Klaim Kekalahan Ukraina Bisa Jadi Awal Perang Dunia Ketiga - pm polandia - www.indopos.co.id

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki berbicara pada perayaan ulang tahun ke-50 Wolfgang Schäuble di parlemen pada 16 Januari 2023 di Berlin, Jerman. (rt.com)

INDOPOS.CO.ID – Perdana Menteri (PM) Polandia Mateusz Morawiecki mengklaim bahwa kekalahan Ukraina dapat menyebabkan Perang Dunia Ketiga. Karena itu, ia meminta Jerman dan negara-negara NATO lainnya harus mengirim lebih banyak senjata ke Kyiv.

Berbicara di Berlin pada perayaan 50 tahun karir politisi Jerman Wolfgang Schauble, Morawiecki mendesak Jerman mengizinkan pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina. Polandia dan Finlandia telah menjanjikan tank-tank tersebut kepada Kyiv, tetapi membutuhkan izin formal dari Jerman untuk benar-benar menyerahkannya.

“Hari ini orang Ukraina berjuang tidak hanya untuk kebebasan mereka, tetapi juga untuk mempertahankan Eropa,” ujar Morawiecki seperti dilansir rt.com, Selasa (17/1/2023).

“Saya meminta pemerintah Jerman untuk bertindak tegas dan mengirimkan semua jenis senjata ke Ukraina,” katanya.

“Kekalahan Ukraina bisa menjadi awal dari Perang Dunia III, jadi hari ini tidak ada alasan untuk memblokir dukungan untuk Kyiv dan menunda masalah tanpa batas waktu,” tambahnya

PM Polandia juga berbicara tentang darah Ukraina yang ditumpahkan untuk mencegah apa yang dia klaim sebagai serangan Rusia terhadap negara-negara Uni Eropa (UE) lainnya. Pekan lalu, Menteri Pertahanan Ukraina Aleksey Reznikov mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Ukraina menumpahkan darah untuk melaksanakan misi NATO, sehingga blok pimpinan Amerika Serikat (AS) itu harus memasoknya dengan senjata.

Jerman memiliki sekitar 110 tank Leopard yang berpotensi diserahkan ke Ukraina, 88 di antaranya adalah Leopard 1 lama.

“Untuk memperbaiki tank Leopard lama itu sehingga layak untuk digunakan akan menelan biaya ratusan juta euro dan memakan waktu sekitar satu tahun,” kata Chief Executive Officer (CEO) Rheinmetall Armin Papperger.

Moskow telah berulang kali mengingatkan Barat bahwa mengirim senjata ke Kyiv akan memperpanjang konflik tetapi tidak akan mengubah hasilnya.

“Tank Jerman akan terbakar seperti sisa senjata Barat,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Kunjungan Morawiecki ke Jerman bertepatan dengan pengunduran diri Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht. Jerman telah berjanji untuk memulai pengerahan baterai pertahanan udara Patriot yang dioperasikan Bundeswehr ke Polandia.

Langkah itu diambil setelah rudal Ukraina menghantam sebuah desa di Polandia pada November, menewaskan dua warga sipil. Warsawa akhirnya harus menyanggah klaim Kyiv bahwa rudal itu milik Rusia. (dam)

Exit mobile version