Kecelakaan Kereta di Yunani, 26 Orang Tewas

Kecelakaan-Kereta-Yunani

Dua kereta bertabrakan di Yunani sehingga menyebabkan 26 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Foto: news.sky.com

INDOPOS.CO.ID – Sedikitnya 26 orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya cedera setelah dua kereta bertabrakan di Yunani, Selasa (28/2/2023) malam.

Tabrakan itu terjadi berawal dari sebuah kereta penumpang yang melakukan perjalanan antara Athena dan kota utara Thessaloniki bertabrakan dengan kereta barang yang melakukan perjalanan dari Thessaloniki ke Larissa sebelum tengah malam.

Tabrakan terjadi di dekat Tempi, sekitar 235 mil sebelah utara Athena.

Polisi mengatakan beberapa gerbong keluar dari rel, dengan setidaknya tiga gerbong terbakar.

“Ada api di sebelah kami. Kami menemukan lubang dan dari sana kami berhasil keluar. Gerbong mulai berputar dan kemudian berakhir miring dan kami keluar,” kata seorang penumpang seperti dilansir Sky News, Rabu (1/3/2023).

“Itu seperti mimpi buruk selama 10 detik, dalam kobaran api. Ada kepanikan di gerbong, kami tidak bisa melihat sekeliling karena asap,” ujarnya.

Juru bicara pemadam kebakaran Vassilis Vathrakogiannis mengatakan pada konferensi pers bahwa 26 orang tewas dan sedikitnya 85 luka-luka.

“Proses evakuasi sedang berlangsung dan dilakukan dalam kondisi yang sangat sulit karena parahnya tabrakan antara dua kereta tersebut,” kata Vathrakogiannis.

“Unit rumah sakit yang khusus untuk perawatan luka bakar telah disiagakan,” tambahnya.

Gubernur wilayah Thessaly, Kostas Agorastos mengatakan 250 orang yang selamat telah dievakuasi ke Thessaloniki dengan bus.

“Tabrakan itu sangat keras sehingga dua gerbong pertama dari kereta penumpang tidak terlihat,” tuturnya.

“Ini adalah malam yang mengerikan,” sambungnya.

Ambulans dari beberapa kota terdekat dipanggil untuk membawa penumpang yang terluka ke rumah sakit, sementara petugas penyelamat terus bekerja di tengah asap tebal.

Pejabat pemerintah mengatakan tentara telah diminta untuk membantu penyelamatan.(dam)

Exit mobile version