Paus Fransiskus Dirawat di Rumah Sakit karena Infeksi Pernapasan

Paus Fransiskus Dirawat di Rumah Sakit karena Infeksi Pernapasan - paus fransiskus - www.indopos.co.id

Paus Fransiskus dibantu masuk ke dalam mobilnya pada akhir audiensi umum mingguannya di Lapangan Santo Petrus, Rabu (29/3/2023). Foto: Sky News

INDOPOS.CO.ID – Paus Fransiskus terpaksa dirawat di rumah sakit karena mengalami infeksi pernapasan.

Juru bicara Vatikan Matteo Bruni mengatakan Paus yang berusia 86 tahun itu mengeluh kesulitan bernapas dalam beberapa hari terakhir dan pergi ke rumah sakit Gemelli untuk menjalani pemeriksaan.

“Paus tidak mengidap Covid-19 tetapi membutuhkan beberapa hari perawatan,” ujar Bruni seperti dilansir Sky News, Kamis (30/3/2023).

“Tes menunjukkan infeksi pernapasan yang memerlukan beberapa hari perawatan medis,” katanya.

“Paus Fransiskus tersentuh dengan banyaknya pesan yang diterima dan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kedekatan dan doanya,” tambahnya.

Vatikan awalnya mengatakan pemeriksaan telah dijadwalkan, tetapi media Italia mempertanyakan itu dan mengatakan wawancara TV dengan Paus sore ini dibatalkan pada saat-saat terakhir.

Sebelumnya, Rabu (29/3/2023) Paus menghadiri audiensi umum mingguannya di Vatikan dan tampil dalam keadaan sehat.

Namun, dia meringis saat masuk dan keluar dari “popemobile.”

Paus Fransiskus akan merayakan Minggu Palma akhir pekan ini menjelang perayaan Pekan Suci: Kamis Putih; Jumat Agung; Malam Paskah; dan Minggu Paskah pada 9 April.

Presiden AS Joe Biden mengatakan dia telah mengetahui masalah kesehatan Paus Francis dan mengatakan dia prihatin dengan sahabatnya itu.

Satu paru-paru Paus Fransiskus diangkat ketika dia masih muda karena infeksi pernapasan dan dia sering berbicara dengan berbisik.

Dia menghabiskan 10 hari di rumah sakit Gemelli pada tahun 2021 setelah menjalani operasi penyempitan usus. Pada saat itu 33 cm usus besarnya diangkat.

Paus telah menggunakan kursi roda selama lebih dari setahun karena ligamen di lutut kanannya tegang dan patah tulang lutut kecil.

Dia mengatakan cederanya sembuh dan dia lebih banyak berjalan dengan tongkat akhir-akhir ini.

Paus Francis mengatakan dia menolak menjalani operasi untuk masalah lutut karena lututnya tidak merespons dengan baik anestesi umum selama operasi usus 2021. (dam)

Exit mobile version