Ketua DPR AS Kevin McCarthy Dipecat Akibat Pertikaian Internal Partai Republik

Kevin-McCarthy

Kevin McCarthy dipecat dari jabatannya sebagai ketua DPR AS akibat pertikaian internal Partai Republik.(Sky News)

INDOPOS.CO.ID – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) mencopot Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy dari jabatannya, akibat pertikaian di dalam partainya sendiri dan tantangan yang terus-menerus dari sayap kanan partai tersebut.

McCarthy dipecat dari jabatannya dalam pemungutan suara dengan hasil 216 berbanding 210 pada Selasa (3/10/2023) malam, yang merupakan pertama kalinya dalam sejarah AS, DPR memutuskan untuk memecat pemimpinnya.

“McCarthy telah gagal mengambil sikap pada hal yang penting,” kata anggota Kongres sayap kanan Florida Matt Gaetz, yang meluncurkan upaya untuk menyingkirkan McCarthy, dalam sebuah posting media sosial sebelum pemungutan suara, dikutip Al Jazeera, Rabu (4/10/2023).

“Jadi, jika dia tidak mau, aku akan melakukannya,” tandas Gaetz.

Pemungutan suara yang belum pernah terjadi sebelumnya ini menggarisbawahi meningkatnya gejolak di Partai Republik, yang juga dikenal sebagai Grand Old Party (GOP), dengan faksi sayap kanan yang berselisih dengan McCarthy dalam beberapa kesempatan sejak ia pertama kali menjadi ketua parlemen pada bulan Januari. Belum ada pilihan jelas di dalam partai untuk menggantikannya.

Dalam pemungutan suara pada Selasa malam, delapan anggota Partai Republik memutuskan hubungan dengan ketua DPR tersebut, sehingga menghilangkan peluangnya untuk mendapatkan mayoritas yang dibutuhkan untuk mempertahankan jabatannya.

Partai Demokrat, yang telah menyatakan frustrasinya terhadap McCarthy atas apa yang mereka lihat sebagai upayanya untuk menarik dukungan kelompok sayap kanan Partai Republik, menolak untuk memberikan suara yang mendukung McCarthy.

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan bahwa Presiden Joe Biden berharap DPR segera memilih ketua baru, dengan mengatakan “tantangan mendesak yang dihadapi bangsa kita tidak akan menunggu lama”.

Rakyat Amerika berhak mendapatkan kepemimpinan yang mengedepankan isu-isu yang mempengaruhi kehidupan mereka. Setelah DPR memenuhi tanggung jawab mereka untuk memilih seorang ketua, Biden berharap dapat bekerja sama dengan mereka dan senat untuk menangani prioritas rakyat Amerika,” kata Jean-Pierre.

Tanpa ketua DPR, DPR tidak akan bisa meloloskan rancangan undang-undang, termasuk rancangan undang-undang belanja penting. McCarthy telah mengumumkan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri sebagai pembicara lagi.

Hubungan antara McCarthy dan kaukusnya tidak baik sejak awal. Dia baru mendapatkan jabatan ketua setelah 15 putaran pemungutan suara di DPR, karena ditentang oleh segelintir legislator sayap kanan.

Ketegangan tersebut memuncak di tengah upaya untuk menghindari penutupan pemerintah pada akhir pekan.

McCarthy dan anggota parlemen dari Partai Demokrat mencapai kesepakatan yang menyediakan pendanaan jangka pendek bagi pemerintah dan menghindari penutupan pemerintahan, menyusul kegagalan upaya Partai Republik untuk meloloskan rancangan undang-undang yang akan memberlakukan pemotongan besar-besaran sebanyak 30 persen pada sejumlah program sosial.

Pada Senin malam, Gaetz melancarkan upaya untuk mencopot McCarthy dari jabatannya sebagai ketua umum, dengan tuduhan bahwa ia telah mengkhianati partai tersebut dengan berupaya mencapai kesepakatan kompromi dengan Partai Demokrat untuk menghindari penutupan pemerintahan.

McCarthy melalui media sosial memposting pesan menantang: “Ayo.” Namun, kurang dari 24 jam kemudian, ia menjadi ketua DPR pertama dalam sejarah AS yang dicopot dari jabatannya dalam pemungutan suara Kongres. (dam)

Exit mobile version