Amazing Nusantara di KBRI Kuwait

Amazing Nusantara di KBRI Kuwait - ri - www.indopos.co.id

KBRI Kuwait menyelenggarakan Resepsi Diplomatik dengan mengusung tema “Amazing Nusantara". Foto : KBRI Kuwait​​​ for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – KBRI Kuwait menyelenggarakan Resepsi Diplomatik dengan mengusung tema “Amazing Nusantara”, sebuah tema yang merepresentasikan identitas negara kepulauan yang menakjubkan, yang tersebar di lebih dari 17.000 pulau dengan kekayaan budayanya (24/10/2023).

Sebanyak kurang lebih 200 tamu undangan termasuk Kementerian Luar Negeri, Kepala Perwakilan RI, Pejabat Tinggi Kuwait dan counterpart meramaikan acara tersebut. Turut menghadiri acara Resepsi diplomatik sebagai Tamu Kehormatan, Menteri Pekerjaan Umum Kuwait H. E. Dr. Amani Suleiman Abdel Wahab Buqamaz.

Sebagaimana tradisi yang dilakukan pada resepsi tahun lalu, pada tahun ini Dubes membuka acara dan menandai pembukaan acara dengan penyajian Nasi tumpeng. Nasi tumpeng merupakan hidangan nasi berbentuk kerucut yang biasa digunakan masyarakat Indonesia untuk merayakan momen-momen tertentu.

Tradisi ini melambangkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus melambangkan ekspresi kehidupan tentang kebersamaan dan keharmonisan.

Resepsi diplomatik merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Negara Kuwait, dan Indonesia terkenal dengan pertunjukan budayanya yang megah dalam acara-acara yang diadakannya.

Namun tahun ini, dengan adanya eskalasi konflik yang dialami oleh masyarakat Palestina dan sejalan dengan keputusan Dewan Menteri Negara Kuwait untuk menghentikan pertunjukan musik atau hiburan, sehingga tidak ada pertunjukan budaya yang ditampilkan di acara resepsi.

Namun begitu, Indonesia dapat menampilkan video budaya dan pariwisata Indonesia, serta informasi sektor ekonomi dan industri pertahanan selama kegiatan berlangsung.

Dalam kesempatan tersebut dihidangkan pula berbagai macam masakan Indonesia. Diantaranya ada sate ayam bumbu kacang, Nasi Goreng, Tongseng kambing, dan lain-lain yang dikenal dengan Masakan Nusantara. Juga hidangan manis seperti Pisang Goreng Gula Jawa, Cendol Nangka, dan Kolak Ubi Jalar. (mg45)

Exit mobile version