Partai Rusia Bersatu Dukung Pencalonan Vladimir Putin sebagai Presiden Kembali

rusia

Partai Rusia Bersatu mengadakan kongres di Pusat Pameran Seluruh Rusia di Moskow pada hari Minggu (17/12/2023). Kongres tersebut secara bulat menyetujui Presiden Vladimir Putin untuk mencalonkan diri kembali tahun 2024. (Russia Today)

INDOPOS.CO.ID – Partai yang berkuasa di Rusia mendukung pencalonan Vladimir Putin sebagai presiden. Konvensi partai berkuasa Rusia Bersatu telah dengan suara bulat menyetujui upaya Presiden Vladimir Putin untuk mencalonkan diri kembali tahun depan sebagai kandidat independen. Jika pemimpin petahana memenangkan pemilu, ini akan menjadi masa jabatannya yang kelima.

Mosi tersebut diajukan melalui pemungutan suara oleh mantan presiden dan Ketua Rusia Bersatu Dmitry Medvedev pada kongres partai tersebut, yang diadakan di Pusat Pameran Seluruh Rusia di Moskow pada hari Minggu (17/12/2023). Ketika ditanya siapa yang mendukung pencalonan Putin, seluruh hadirin mengangkat tangan, tanpa ada yang menolak atau abstain.

“Akan melakukan yang terbaik untuk membantu Presiden petahana Vladimir Putin meraih kemenangan telak sekali lagi. Tidak ada keraguan siapa yang harus memimpin negara Rusia di masa yang penuh gejolak ini, termasuk menjaga kemandirian dan tempat bangsa di kancah global,” kata mereka seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (17/12/2023).

Pengumuman tersebut muncul setelah sebuah kelompok aksi, yang mencakup sejumlah pemimpin opini, pejabat, aktor, dan atlet terkenal, juga dengan suara bulat memilih untuk mencalonkan Putin sebagai presiden pada hari Sabtu (16/12/2023).

Putin mengumumkan rencana pemilihannya kembali awal bulan ini dalam sebuah upacara di mana ia menganugerahkan medali Pahlawan Rusia kepada prajurit yang ikut serta dalam operasi militer melawan Ukraina.

Dalam karier politiknya selama lebih dari 20 tahun, Putin telah mencalonkan diri sebagai presiden sebanyak empat kali, sebagian besar dari calon independen. Satu-satunya pengecualian adalah pada tahun 2012, ketika ia dicalonkan oleh Partai Rusia Bersatu.

Pemilihan presiden dijadwalkan pada bulan Maret 2024 mendatang, dan pemenangnya akan dilantik pada bulan Mei 2024. Adapun rival Putin, beberapa partai Rusia, termasuk Partai Komunis, Partai Demokrat Liberal (LDPR), dan Rakyat Baru, menyatakan akan mengajukan calon. (dam)

Exit mobile version