Putin Calonkan Diri Kembali sebagai Presiden Rusia dari Jalur Independen

Putin Calonkan Diri Kembali sebagai Presiden Rusia dari Jalur Independen - putin 1 - www.indopos.co.id

Vladimir Putin menyerahkan dokumen untuk mendaftar sebagai calon presiden ke Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia, Senin (18/12/2023). (Russia Today)

INDOPOS.CO.ID – Vladimir Putin akan mencalonkan diri kembali sebagai Presiden Rusia dari kandidat independen. Presiden Rusia itu hanya satu kali dicalonkan dari jalur partai dalam lebih dari 20 tahun karier politiknya.

Vladimir Putin mencalonkan diri kembali untuk masa jabatan kelima, tahun depan sebagai kandidat independen. Putin hanya sekali mencalonkan diri sebagai calon partai, yaitu pada tahun 2012.

“Pada hari Senin (178/12/2023), Putin menyerahkan dokumen untuk mendaftar sebagai calon presiden ke Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov seperti dikutip dari Russia Today, Senin (18/12/2023).

Presiden sekarang perlu mengumpulkan setidaknya 300.000 tanda tangan dari para pendukungnya, seperti yang diwajibkan oleh hukum Rusia agar kandidat independen dapat ikut serta dalam pemungutan suara.

Ketua Partai Rusia Bersatu Dmitry Medvedev mengatakan akan melakukan yang terbaik untuk membantu Presiden petahana Vladimir Putin meraih kemenangan telak sekali lagi.

“Partai tidak ada keraguan sedikit pun siapa yang harus memimpin negara Rusia di masa yang penuh gejolak ini,” katanya.

Pada hari Sabtu, pencalonan Putin juga didukung oleh kelompok aksi independen, yang mencakup sejumlah pejabat tinggi, pakar, aktor, dan atlet.

Presiden Rusia mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri kembali pada awal bulan ini pada pertemuan dengan prajurit, di mana ia memberikan medali Pahlawan Rusia kepada mereka yang berprestasi dalam konflik Ukraina.

Pemilihan presiden dijadwalkan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 15 hingga 17 Maret 2024, dan pemenangnya akan dilantik pada bulan Mei. Ini akan menjadi pertama kalinya pemilihan presiden di Rusia diadakan dalam beberapa hari, setelah format tersebut diperkenalkan selama pandemi Covid-19.

Beberapa partai besar Rusia, termasuk Partai Komunis, Partai Demokrat Liberal (LDPR), dan Rakyat Baru telah memberi isyarat akan mengajukan kandidat. Selain itu, sejumlah tokoh masyarakat dan politisi telah mengumumkan niat mereka untuk mencalonkan diri sebagai calon independen. (dam)

Exit mobile version