Joe Biden Ingatkan Pemilih di AS untuk Tidak Memilih Kembali Donald Trump

Presiden-AS

Presiden AS Joe Biden berbicara di Blue Bell, Pennsylvania, pada 5 Januari 2024. (Al Jazeera)

INDOPOS.CO.ID – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan para pemilih agar tidak memilih kembali Donald Trump pada pemilu tahun ini. Biden mengatakan kemungkinan calon presiden dari Partai Republik itu menimbulkan risiko serius bagi negara AS karena Trump merupakan ancaman terhadap demokrasi.

Pidato pada hari Jumat (5/1/2024) disampaikan satu hari sebelum peringatan ketiga serangan 6 Januari ketika sekelompok pendukung Trump yang kejam menyerbu Gedung Capitol AS dalam upaya putus asa untuk mempertahankan kekuasaannya setelah kekalahannya pada pemilu tahun 2020.

“Dia menyuruh penonton untuk bertarung sekuat tenaga. Dan semua kekacauan terjadi,” kata Biden di community college di Blue Bell, Pennsylvania, seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (6/1/2024).

“Kemudian seperti biasa dia menyerahkan pekerjaan kotor itu kepada orang lain. Dia mundur ke Gedung Putih,” ujar Biden.

Biden menggambarkan Trump dan para pengikutnya sebagai orang-orang asing yang berbahaya dan meminta para pendukung Partai Demokrat, independen, dan “Partai Republik arus utama” yang menghargai demokrasi AS untuk mendukungnya.

“Demokrasi sedang dalam pemungutan suara. Kebebasan Anda ada pada pemungutan suara,” katanya.

“Kampanye Donald Trump terobsesi dengan masa lalu, bukan masa depan,” kata Biden.

“Serangan Trump terhadap demokrasi bukan hanya bagian dari masa lalunya. Itu adalah apa yang dia janjikan untuk masa depan,” tambah Biden.

Sebelum pidatonya, Biden mengunjungi lokasi Valley Forge markas besar musim dingin era Perang Revolusi George Washington pada akhir tahun 1777 dan awal tahun 1778.

Dia membandingkan upaya Trump untuk mempertahankan kekuasaan dengan contoh yang diberikan oleh Washington, yang mengundurkan diri dengan sukarela setelah dua periode jabatan sebagai presiden AS pertama.

Biden mengatakan upaya Trump untuk terpilih kembali didasarkan pada upaya untuk mencari “balas dendam dan retribusi” terhadap musuh-musuh politiknya. Dia mengingatkan masyarakat Amerika bahwa Trump telah menyebut lawan-lawannya sebagai “hama,” bahasa yang sama persis dengan yang digunakan di Nazi Jerman.

“Beraninya dia? Demi Tuhan, dia pikir dia siapa?” kata Biden.

Trump, presiden periode 2017 hingga 2021, memimpin nominasi presiden dari Partai Republik. Dia mempertanyakan kekalahannya pada pemilu 2020, yang mendorong ribuan pendukungnya menyerang Capitol AS.

Kegagalan upaya untuk menghentikan sertifikasi formal atas hasil tersebut menyebabkan kematian lima orang dan melukai puluhan petugas polisi.

Biden juga mengkritik Partai Republik karena mengubah sikap mereka terhadap Trump, dengan mengatakan bahwa ketika serangan tanggal 6 Januari terjadi, tidak ada keraguan tentang kebenarannya dan bahwa beberapa anggota Kongres dari Partai Republik secara terbuka dan pribadi mengutuk pemberontakan tersebut.

“Tetapi kini seiring berjalannya waktu, politik, ketakutan, uang, semuanya ikut campur. Dan suara-suara MAGA yang mengetahui kebenaran tentang Trump dan 6 Januari telah mengabaikan kebenaran dan mengabaikan demokrasi kita,” kata Biden, merujuk pada kampanye Trump, Make America Great Again (MAGA).

Lebih dari 1.230 orang telah didakwa melakukan kejahatan federal atas partisipasi mereka, termasuk kejahatan berat seperti menyerang petugas polisi dan konspirasi yang menghasut.

Trump membalas dalam pidatonya pada hari Jumat di Sioux Center, Iowa, dengan menyebut rekor Biden sebagai rangkaian kelemahan, ketidakmampuan, korupsi, dan kegagalan yang tak terpatahkan.

Smith, seorang jaksa veteran yang terkenal mengejar bos mafia, menuduh Trump berkonspirasi untuk secara ilegal menumbangkan hasil pemilu tahun 2020. Mantan presiden tersebut menghadapi empat dakwaan pidana sebagai bagian dari dakwaan.

Trump, yang telah mengaku tidak bersalah atas dakwaan tersebut dan membantah melakukan kesalahan apa pun, menuduh jaksa penuntut melakukan perburuan penyihir yang bermotif politik untuk menggagalkan upayanya untuk terpilih kembali pada tahun 2024. (dam)

Exit mobile version