Raih Penghargaan Pelayanan Prima, Irjen ATR/BPN Apresiasi Kantah Jakarta Barat

Kementerian Agraria

Kepala Kantor Pertanahan Kota Adminstrasi Jakarta Barat, Sri Pranoto (kedua dari kiri)

INDOPOS.CO.ID – Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memberikan apresiasi kepada Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administrasi Jakarta Barat yang menjadi satu-satunya Kantah di Indonesia yang berhasil meraih penghargaan dalam ketegori “pelayanan prima” dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB).

“Irjen memberikan apresiasi kepada kantah Kota Administrasi Jakarta Barat atas keberhasilan meraih penghargaan sebagai Kantah yang telah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujar Irjen Kementerian ATR/BPN Sunraizal kepada indopos.co.id, Rabu (9/3/2022).

Menurut Sunraizal, penghargaan tersebut menunjukkan pelayanan pertanahan di Kantah Kota Administrasi Jakarta Barat, sudah optimal.” Harapannya seluruh Kantor Pertanahan di seluruh Indonesia meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Apa yang dilakukan oleh Kantah Kota Administrasi Jakarta Barat bisa dicontoh,” imbau Sunraizal.

Ia mengatakan, penghargaan yang diberikan oleh Kementerian PAN-RB bisa menjadi tolak ukur untuk mengetahui, apakah pelayanan yang diberikan oleh Kantah sudah baik

”Ada beberapa indikator, salah satu indikatornya ditunjukkan pada hasil survey kepuasan pelanggan, semakin tinggi tingkat kepuasan masyarakat, maka pelayanan yang diberikan semakin baik,” ujarnya.

”Inspektorat terus mendorong agar lebih banyak lagi unit kerja yang membangun dan mengimplementasikan Zona Integritas, dengan cara meningkatkan pelayanan Pertanahan sesuai Standart Operating Procedure (SOP). Yaitu, tepat persyaratan, tepat biaya dan tepat waktu, ” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) dalam hal pelayanan publik. Penghargaan disampaikan dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Pemberian Penghargaan Kegiatan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Tahun 2021 di Hotel InterContinental, Jakarta, Selasa, (8/3/2022) lalu.

Penghargaan ditujukan kepada Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil sebagai Pembina Pelayanan Publik Kategori “Pelayanan Prima” Lingkup Kementerian/Lembaga Tahun 2021 dan kepada Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori “Pelayanan Prima” Tahun 2021.

Terkait dengan penghargaan yang diraih, di lain kesempatan Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil mengatakan apresiasi yang diberikan bukan hanya ditujukan kepada dirinya. Namun, penghargaan tersebut ditujukan lebih kepada seluruh insan Kementerian ATR/BPN yang ada di seluruh Indonesia karena berkat kerja keras dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Tentang apresiasi dari Kementerian PANRB ini bukan ditujukan ke saya tapi kepada teman-teman yang bekerja baik sekali, terutama di Kantor Pertanahan yang meningkatkan pelayanan menuju layanan prima. Apresiasi itu ditujukan bagi seluruh jajaran kementerian ATR/BPN,” ungkap Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil.

Berdasarkan catatan indopos.co.id sebelum menjabat sebagai kepala kantor Pertanahan Jakarta Barat, Sri Pranoto saat menjabat Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang juga berhasil melakukan berbagai inovasi layanan.

Inovasi layanan Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Tangerang saat dijabat oleh Sri Pranoto adalah, menerapkan loket layanan khusus, online atau elektronik guna mewujudkan Kantor Pertanahan Maju dan Modern yang sesuai tuntutan standar pelayanan, mendapatkan apresiasi dari sejumlah kalangan.

Bahkan, Menteri Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil menyempatkan hadir untuk melihat langsung inovasi yang dilakukan jajaran kantor pertanahan di bawah Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Banten tersebut, Kamis (16/1/2020) lalu.

”BPN Kota Tangerang telah menerapkan pelayanan yang baik dan banyak melakukan inovasi bidang pelayanan pertanahan. Nantinya, seluruh Kantor Pertanahan di seluruh Indonesia akan seperti ini. Saya yakin pelayanan akan lebih baik karena dipimpin oleh anak muda,” ujar Sofyan Djalil saat itu. (yas)

Exit mobile version