IKI dan Dukcapil Jakarta Bantu Warga Pemulung Pondok Labu

Institut Kewarganegaraan Indonesia

Pemberkasan berkas permohonan akta kelahiran dari warga pemulung Pondok Labu, Jakarta oleh tim peneliti Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI). Tampak (ki-ka) Mahendra Kusumaputra, Paschasius Hosti Prasetyadji, Swandy Sihotang, dan Karni, relawan IKI Pondok Labu, Jakarta Selatan. Foto : IKI

INDOPOS.CO.ID – Sebanyak 37 dari 100 berkas permohonan akta kelahiran, kartu keluarga (KK), dan kartu tanda penduduk (KTP) warga pemulung Pondok Labu, Jakarta Selatan diterima Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta yang diserahkan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI), Senin (4/4/2022).

Penyerahan berkas ini sebagai tindak lanjut dari advokasi dan fasilitasi yang dilakukan kerja sama Dinas Dukcapil DKI Jakarta dengan IKI.

Sopian bersama staf Bagian Rentan Penduduk yang mewakili Dinas Dukcapil DKI Jakarta menyambut baik kerja sama ini, dan mengapresiasi pengabdian IKI dalam bidang kemanusiaan ini. “Kami menyambut baik kerja sama ini. Semoga di DKI Jakarta tidak ada lagi orang-orang yang tidak memiliki dokumen kependudukan,” katanya.

Drs KH Saifullah Ma’shum MSi, ketua IKI mengatakan, seluruh masyarakat Indonesia, termasuk kelompok pemulung harus memiliki dokumen kependudukan sebagai identitas diri yang jelas, sehingga dengan demikian mereka mendapatkan hak-hak mereka dalam pelayanan publik. (ibs)

Exit mobile version