Pemkot Tangerang Validasi Data Warga yang Ikut Mudik Gratis Kemenhub

mudik

Seorang warga Kota Tangerang melakukan validasi data mudik gratis di Posko Validasi Dinas Perhubungan Kota Tangerang. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) membuka posko validasi data warga yang ikut mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, di Kantor Dishub Kota Tangerang, Jalan Dr. Sitanala, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari.

Sebanyak 1.200 seat diberikan Kemenhub untuk warga Kota Tangerang dengan 14 kota tujuan mudik. Mulai dari Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo dan lainnya.

Kepala Dishub Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar mengungkapkan posko akan dibuka selama kuota masih tersedia. Masyarakat yang mau daftar bisa lewat website www.mudikgratishubdat.dephub.go.id dengan mengisi data sesuai yang diminta. Jika sudah berhasil, calon pemudik bisa memproses validasi data di Kantor Dishub Kota Tangerang.

“Akan banyak masyarakat yang mengakses website tersebut. Karena itu diimbau untuk terus mencoba sampai ada informasi dari Kemenhub jika kuota sudah penuh. Kami dari Dishub Kota Tangerang hanya memfasilitasi lokasi posko validasi data dan keberangkatan saja,” ujar Wahyudi, Senin (11/4/2022).

Ia menjelaskan, keberangkatan pemudik gratis ini akan berlangsung pada 28 April mendatang di Terminal Poris Plawad. Dishub akan melakukan pengamanan khusus, mulai dari pengecekan protokol kesehatan hingga ram check.

“Dishub akan berusaha memastikan semua kendaraan pemudik dalam keadaan sehat atau aman dan layak digunakan. Sehingga, pemudik dapat pulang kampung dalam keadaan sehat dan aman hingga kota tujuan,” tegas Wahyudi.

Sementara itu, antusiasme masyarakat mendaftar mudik gratis sangat tinggi. Hal itu terlihat di posko validasi mudik gratis masyarakat silih berganti melakukan validasi setelah daftar secara online.

Salah seorang calon pemudik, Nasatul Fikri warga Karawaci mengaku baru mendaftar online pada Minggu malam dengan kota tujuan Puwokerto.

“Semalam saat proses masuk ke website sempat gagal, tapi dicoba beberapa kali alhamdulillah berhasil. Di sini prosesnya juga tidak sulit, alhamdulillah saya, istri dan dua anak bisa mudik gratis. Ini membantu banget buat kami, terima kasih,” kata Nasatul. (dam)

Exit mobile version