Wujudkan Mudik Sehat dan Nyaman, Pemprov DKI Siapkan Aplikasi SehatQ

Aplikasi SehatQ

Aplikasi SehatQ Foto: dok Pemprov DKI

INDOPOS.CO.ID – Setelah dua tahun berturut-turut mengeluarkan larangan mudik guna menahan laju penyebaran Covid-19, pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran tahun ini. Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyarankan masyarakat menjaga kesehatan fisiknya saat mudik dengan memanfaatkan aplikasi kesehatan.

Jumlah pemudik tahun ini diperkirakan akan melonjak. Bahkan, dalam survei mudik Lebaran 2022 ketiga yang dilakukan Balitbang Kemenhub, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 85,5 juta orang.

Dinas Perhubungan (Dishub) memperkirakan arus mudik tahun ini akan lebih padat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Guna mengantisipasinya, Dishub pun melakukan sejumlah cara, seperti memastikan kelayakan sarana transportasi, memeriksa kesehatan sopir bus antarkota, hingga memberikan fasilitas mudik gratis.

Dari sisi pemudik, Dishub menganjurkan masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi lonjakan arus mudik. Salah satu caranya adalah dengan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah serta menjaga kesehatan fisik sebelum dan selama mudik.

“Pemudik sebaiknya menyiapkan vitamin dan obat-obatan yang rutin diminum selama perjalanan. Ini untuk menjaga kenyamanan saat mudik, apalagi membeli obat-obatan bisa melalui aplikasi kesehatan,” kata M.Wildan Anwar, Kepala.Sudinhub Kota Jakarta Pusat di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Hal yang sama diungkapkan dr. BudiSetiawan, Sudinkes DKI. Dinas Kesehatan, menurutnya, menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi kesehatan saat mudik. Salah satunya untuk menyetok obat-obatan dan memeriksa kondisi kesehatan.

“Sebenarnya, mudik tahun ini kita cukup terbantu dengan adanya aplikasi kesehatan. Pemudik yang mengalami sejumlah kondisi kesehatan ringan dapat mengakses aplikasi kesehatan tersebut untuk berkonsultasi secara online dengan dokter dari mana saja,” katanya.

Salah satu aplikasi kesehatan tersebut, menurutnya adalah SehatQ. Melalui situs atau aplikasi SehatQ, pemudik bisa membeli vitamin dan obat–obatan yang diperlukan di halaman toko.sehatq.com.

Selain itu, masyarakat juga berkonsultasi melalui chat atau video call dengan dokter, jika mengalami gangguan kesehatan ketika sedang menjalankan aktivitas mudik lebaran.

“SehatQ siap memberikan fasilitas kesehatan terbaik bagi masyarakat yang hendak melakukan aktivitas mudik Idulfitri di tahun ini. Dengan layanan kesehatan yang dihadirkan SehatQ, kami harap aktivitas mudik tahun ini berjalan lancar dan nyaman, “kata Chief Commercial Officer SehatQ, Andrew Sulistya.(nas)

Exit mobile version