Fokus Edukasi Promosi Kesehatan dan Lingkungan untuk Kualitas Hidup Masyarakat

KAO Webinar

Webinar #AkudanKaoPeduliBumi Jumat (22/4/2022), yang bertepatan dengan peringatan Hari Bumi 2022

INDOPOS.CO.ID – Kao Indonesia berupaya dan berkomitmen untuk terus melakukan kontribusi sosial melalui edukasi yang berfokus pada promosi kesehatan dan lingkungan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Senior Manager Corporate Communications Kao Indonesia, Wisik Restu mengatakan, salah satu bentuk komitmen ini ditunjukkan melalui kegiatan sharing session #AkudanKaoPeduliBumi yang bertujuan mengajak masyarakat untuk mulai melakukan aksi nyata terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan yang dimulai dari diri sendiri, dari saat ini dan dalam keseharian.

“Kao Indonesia juga selalu memperhatikan dampak lingkungan dalam semua aktivitas bisnis dari hulu ke hilir dan juga edukasi langsung kepada masyarakat. Tentu saja hal ini menjadi suatu hal pembelajaran yang akan terus kita lakukan dan kembangkan ke depan,” ujarnya pada webinar #AkudanKaoPeduliBumi Jumat (22/4/2022), yang bertepatan dengan peringatan Hari Bumi 2022.

Sementara, dr. Anas Ma’ruf, MKM, Direktur Penyehatan Lingkungan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan mengatakan, pihaknya mengapresiasi inisiatif Kao Indonesia yang telah berupaya memberikan kontribusi nyata untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya promosi kesehatan lingkungan yang langsung melibatkan masyarakat.

“Pemberdayaan masyarakat sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan kesehatan, dimana perilaku masyarakat merupakan salah satu faktor utama dan kunci untuk memperbaiki masalah kesehatan dan lingkungan,” katanya.

Tentu, kolaborasi semua pihak juga tak kalah penting dalam menyukseskan lima pilar dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), baik itu dengan tokoh masyarakat, penggiat maupun komunitas. Karena, pihak-pihak inilah yang secara langsung terjun dan berada di tengah masyarakat.

Salah satunya Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (MATPECI) yang diketuai oleh Usman Firdaus. MATPECI berfokus pada kebersihan aliran sungai Ciliwung yang merupakan salah satu sungai terpenting di tatar pasundan dan melintasi ibu kota Jakarta. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh MATPECI sangat aktif, berbasis masyarakat dan melibatkan komunitas mikro seperti karang taruna, RT/RW, Posyandu, dan PKK.

“Saya mengajak masyarakat untuk mulai peduli lingkungan dari hal sederhana seperti melakukan pilah sampah dari rumah, tidak membuang sampah ke sungai dan jangan merusak pohon,” seru Usman.(rmn)

Exit mobile version