Hadapi Arus Mudik, Tol Tangerang-Merak Berikan Layanan Extra

Suasana Jalan Tol

Petugas Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak membagikan takjil kepada pemudik. Ist

INDOPOS.CO.ID – Lebaran kali ini terasa berbeda dari tahun sebelumnya. Setelah 2 tahun lebaran “Dirumah saja”, tahun ini saatnya “Kembali BERSERI”.

Layanan arus mudik, Lebaran 1443 H/2022 ASTRA Tol Tangerang-Merak yang berlangsung pada H-10 / 21 April 2022 s.d. Hari H / 2 Mei 2022 diwarnai dengan antrian panjang kendaraan di gerbang tol Merak hingga ekor terpanjang hingga km 88, atau sekitar 10 km pada H-2 atau Sabtu, 30 April 2022.

Hal ini terjadi akibat imbas dari kepadatan kendaraan yang mengantri menuju Pelabuhan ASDP Merak, hendak menyebrang ke pulau Sumatra. Menurut Direktur Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, M. Adhi Resza, hal ini sudah diantisipasi, untuk itu pihaknya telah menyiapkan layanan extra baik dari sisi operasional maupun sosial.

“kami menyambut Lebaran ini dengan tema sentral, ‘saatnya kembali BERSERI’, untuk itu selain optimalkan layanan transaksi kami juga tingkatkan fasilitas untuk kebutuhan pemudik termasuk memberikan bantuan makanan kecil dan minuman ringan, bila terjadi kemacetan panjang” Adhi Resza menjelaskan.

Selama periode arus mudik Lebaran sejak tanggal 22 April s.d. 1 Mei 2022 ini tercatat terdapat lebih dari 450.000 kendaraan yang memasuki Tol Tangerang-Merak melalui Gerbang Tol Cikupa dan lebih dari 115.000 kendaraan yang keluar dari Gerbang Tol Merak.

Volume arus mudik di Tol Tangerang-Merak tertinggi terjadi pada tanggal 27 April 2022, dimana tercatat sebanyak 55.795 kendaraan yang masuk di Gerbang Tol Cikupa atau terjadi kenaikan sebesar 79,88% dibandingkan lalu lintas harian rata-rata (LHR) yaitu sebanyak 44.571 kendaraan.

Sedangkan arus mudik yang keluar di Gerbang Tol Merak tercatat mencapai 15.568 kendaraan atau terjadi kenaikan sebesar 72,34% dari kondisi LHR normal yaitu 9.033 kendaraan.

Layanan extra yang dilakukan ASTRA Tol Tangerang-Merak untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik Lebaran diantaranya:

Pada layanan transaksi operasional maksimalkan 102 gardu regular dan tambahan 2 gardu tandem di Gerbang Tol Merak (Gardu Exit), dengan tambahan 18 petugas layanan transaksi, plus petugas piket pendukung gabungan lintas departemen.

“kami semua terlibat! baik supporting maupun operasional, dari mulai operator hingga Presiden Direktur kami turun langsung sapa pengguna jalan” disampaikan juga oleh kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas, Uswatun Hasanah.

Disamping itu, layanan extra yang diberikan oleh ASTRA Tol Tangerang-Merak adalah instalasi 100 unit portable toilet yang terdistribusi di 4 (empat) Rest Area (RSA) dan di titik-titik potensi antrian di Jalur Tol Tangerang-Merak.

Pendekatan sosial dan humanis selama pelayanan Mudik Lebaran 2022 yang diberikan oleh ASTRA Tol Tangerang-Merak antara lain: Penyiapan Posko kesehatan gratis di Rest Area Km 68 A dan B, serta di Kantor Gerbang Tol Merak, menyiapkan dan mendistribusikan lebih dari 3000 paket makanan kecil dan minuman ringan baik yang diberikan Perusahaan maupun donasi karyawan, untuk pengguna jalan yang terdampak kemacetan panjang pada saat sahur, berbuka dan waktu-waktu kritis kemacetan.

Selain itu untuk membantu pengguna jalan, informasi terkini terkait lalu lintas dan fasilitas di ruas Tol Tangerang-Merak intensif disampaikan setiap hari dari berbagai platform mulai dari layanan Variable Message Sign (VMS), poster di gerbang-gerbang tol, spanduk hingga media digital seperti instagram @astratoltamer dan twitter @tol_mms.

Kelancaraan lalu lintas Tol Tangerang-Merak ini merupakan keberhasilan sinergi yang terjalin baik dengan seluruh stakeholder baik pihak Kepolisian Daerah Banten, Dinas Perhubungan Banten, PJR Turangga 003, Badan Pengatur Jalan Tol, terutama pengguna jalan yang telah tertib berkendara.

Dengan terciptanya kelancaran lalu lintas demi kenyamanan pengguna jalan melalui sejumlah layanan operasional, diharapkan arus mudik pada lebaran tahun 2022 ini dapat “Kembali BERSERI” dan sebagai langkah awal kita untuk memulai aktivitas yang menghantarkan keberkahan pada momen lebaran 1443 H. (gin)

Exit mobile version