Libur Lebaran, Kota Tua Jakarta Diserbu Ribuan Pengunjung

kota tua

Para wisatawan mendatangi kawasan wisata museum Kota Tua Jakarta. Foto: Instagram/@kotatuajakarta.id

INDOPOS.CO.ID – Kawasan wisata Kota Tua di Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat masih ramai dikunjungi pengunjung saat masa libur Lebaran, tepatnya pada Sabtu (7/5/2022). Tercatat jumlah pengunjung mencapai puluhan ribu orang.

Kepala Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kota Tua Dedy Tarmizi mengatakan, wisatawan sudah mulai memadati tempat wisata bersejarah tersebut sejak H+2 Lebaran Idul Fitri 2022. Kepadatan pengunjung masih dapat diatasi.

“Sejak Lebaran kedua sudah mulai ramai, tapi masih stabil. Ada yang 14 ribu orang, ada yang 15 ribu orang dari pagi itu dengan rentan waktu berbeda,” kata Dedy saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

Pihaknya membatasi jumlah pengunjung hanya 75 persen dari kapasitas tempat tersebut. Mengingat situasi pandemi Covid-19 belum berakhir. Meski laju penularan dan penyebarannya terkendali.

“Ada batasan sekitar 75 persen. Kita kan pakai aplikasi, cuma begitu mereka keluar-masuk ada rentang sejam itu kan dihitung,” tutur Dedy.

Ia memperkirakan, jumlah pelancong di Kota Tua bakal terus meningkat hingga masa libur Lebaran terakhir yang jatuh pada, Minggu (8/5/2022) besok. “Iya, bisa saja (ada peningkatan) sampai Minggu. Masih stabil situasi masih bisa teratasi,” ujarnya.

Setiap harinya ada sejumlah personel berjaga di kawasan museum, yang bangunannya merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda itu. Mereka tersebar ke tiap titip tempat tersebut.

“Ada 35 personel di lapangan, untuk kebersihan 20 orang, dan petugas piket kita ada (lima orang). Total sekitar 60 personel,” bebernya. (dan)

Exit mobile version