Istilah HUT DKI Diganti Hajatan, LKB: Konteksnya Lebih Luas

Bundaran HI

Suasana kawasan Hotel Indonesia, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat saat kembali menggelar Car Free Day. Foto: Instagram/@aniesbaswedan

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengganti istilah perayaan ulang tahun DKI Jakarta menjadi Hajatan. Kosa kata tersebut digunakan karena biasa digunakan kalangan Betawi.

Menurut Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), Beky Mardani, istilah perayaan hari ulang tahun diganti menjadi hajatan selaras budaya di masyarakat. Tentu dimaknai dengan penuh syukur.

“Menurut LKB (penggantian istilah HUT) biasa saja dan wajar. Di Betawi hajatan itu pesta dan rasa syukur atas satu peristiwa,” kata Beky saat dihubungi, Jakarta, Kamis (26/5/2022).

Ia menjelaskan, secara makna hajatan itu peritiwa keramaian terkait berbagai hal seperti resepsi pernikahan, sunatan, dan agenda-agenda lain yang biasanya melibatkan banyak orang.

“(Hajatan) untuk ikut meramaikan kebahagiaan terhadap suatu peristiwa,” tutur Beky.

Bahkan penggantian istilah tersebut dapat dimaknai secara luas oleh seluruh lapisan masyarakat. Serta bersyukur dengan segala pencapain yang dilakukan Pemprov DKI.

“Hajatan sebetulnya konteksnya lebih luas dari sekedar ulang tahun. Bila HUT ke-495 Jakarta dimaknai bukan hanya HUT seperti biasa, tapi rasa syukur terhadap berbagai capaian selama ini,” ujar Beky.

Ia menambahkan diksi hajatan tidak akan mengubah makna hari spesial bagi Kota Jakarta. Apalagi banyak rangkaian acara dirayakan sebulan penuh mulai 24 Mei – 25 Juni 2022. “Jadi bagi LKB diksi hajatan, tidak masalah dan berpengaruh,” cetusnya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, masyarakat akan langsung sadar akan syukuran dan perayaan saat mengacu pada istilah Hajatan, Sehingga pemilihan kata itu digunakan agar semua orang bisa langsung mengetahui maknanya.

“Hajatan itu pasti rame, gak ada hajatan soliter gak ada hajatan sendirian. Hajatan itu pasti semua orang datang,” ucap Anies di Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (24/5/2022).(dan)

Exit mobile version