RSUD Tigaraksa Akan Dibangun Oktober 2022

rsud

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Mochamad Maesyal Rasyid saat konferensi pers rencana pembangunan RSUD Tigaraksa, di Ruang Wareng, Gedung Setda, Senin (30/5/2022). Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, akan mulai dibangun Oktober 2022 menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp46 miliar.

Pembangunan tahap awal ini direncanakan dengan tipe C sesuai ketersediaan anggaran karena total biaya pembangunan RSUD Tigaraksa dengan tipe A diperkirakan akan menghabiskan biaya sebesar Rp250 miliar. Selanjutnya, Pemkab bersama DPRD Kabupaten Tangerang mengupayakan penganggarannya menggunakan sistem kontrak tahun jamak atau multiyears contract.

Rumah sakit ini mencakup pelayanan kesehatan khususnya di delapan kecamatan, yaitu Kecamatan Tigaraksa, Solear, Cisoka, Cikupa, Panongan, Curug, Jambe dan Legok.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Mochamad Maesyal Rasyid mengatakan, proses pembangunan rumah sakit tipe C itu akan dimulai setelah pemerintah daerah mengadakan rapat paripurna dengan DPRD.

“Karena masyarakat berkeinginan itu (RSUD Tigaraksa) supaya cepat dibangun. Supaya tidak stagnan kami memutuskan akan dibangun secara multi years contract (proyek tahun jamak),” kata Maesyal dalam konferensi pers rencana pembangunan RSUD Tigaraksa, di Ruang Wareng, Gedung Sekretariat Daerah (Setda), Senin (30/5/ 2022).

Maesyal mengungkapkan bahwa proyek pembangunan RSUD Tigaraksa merupakan program Bupati Tangerang Ahmed Zaki Islandar untuk mewujudkan Tangerang sehat sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Selain itu, kata dia, RSUD Tigaraksa juga nantinya bisa mengakomodir layanan kesehatan khususnya bagi 1,5 juta penduduk di delapan kecamatan terdekat.

Dengan begitu, Pemkab Tangerang akan memiliki empat RSUD. Tiga rumah sakit sebelumnya yakni RSUD Kabupaten Tangerang di Kota Tangerang, RSUD Pakuhaji di wilayah Pantura dan RSUD Balaraja di wilayah barat Kabupaten Tangerang.

“Nah, untuk di wilayah Puspemkab ada delapan kecamatan dengan jumlah penduduk sekitar 1,5 juta orang, sehingga harus diakomodir melalui RSUD Tigaraksa,” pungkasnya. (dam)

Exit mobile version