Tokoh Betawi Jadi Nama Jalan, LKB: Menyambung Tali Sejarah yang Putus

Jalan Bang Pitung

Jalan Raya Kebayoran Lama diganti menjadi Jalan Bang Pitung berada tepat di lampu merah Rawa Belong, perbatasan Jakarta Barat dengan Jakarta Selatan. Foto: Dok. INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) mengapresiasi adanya pergantian nama jalan di Jakarta, menjadi sejumlah tokoh dan dan seniman Betawi. Hal itu mengingatkan kembali peranan besar dalam menjaga autentikasi budaya Betawi.

Terdapat tiga nama tokoh Betawi yang sudah dijadikan nama jalan di Jakarta. Di antaranya Nuri Surinuri alias Mpok Nori, Muhammad Bokir alias Haji Bokir dan “Bang Pitung.”

“Masyarakat Betawi (mengapresiasi) dan berterima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta, yang mengembalikan ingatan publik terhadap (red) tokoh-tokoh yang namanya diabadikan menjadi nama jalan,” kata Ketua LKB Beky Mardani saat dihubungi, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Ketua LKB Beky Mardani memberikan keterangan pers di Jakarta. (Instagram/@lkb_ig)

Setiap tokoh legendaris Betawi tentu memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat di lingkungannya. Serta punya kisah yang bersejarah dan menjadi kebanggan bagi warganya.

Salah satunya Pitung, dikenal sebagai pendekar Betawi. “Misal Bang Pitung yang punya kisah heroik membela kaum lemah. H. Bokir bin Jiun dan Hj. Nori yang sepanjang hidupnya mengabdi buat kesenian Betawi,” jelas Beky.

“Pengembalian ingatan publik atas peran para tokoh-tokoh tersebut, seolah menyambung tali sejarah yang putus,” tambahnya.

LKB berharap momentum penggantian nama jalan tersebut, menjadi motivasi untuk melanjutkan perjuangan para tokoh Betawi dalam berbagai bidang.

Sehingga generasi yang akan datang bisa terus berbangga terhadap orang terdahulu maupun tokohnya. “Terus menjaga nilai-nilia perjuangan, serta kebanggaan sebagai kaum Betawi,” ujar Beky.

Papan nama Jalan Haji Bokir bin Djiun sudah terpasang dari simpang Jalan Raya Bogor atau pertigaan Hek hingga persimpangan lampu merah Tamini Square.

Sementara, papan nama Jalan Mpok Nori juga telah terpasang menggantikan plang nama Jalan Raya Bambu Apus, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung.

Sedangkan Jalan Bang Pitung berada tepat di lampu merah Rawa Belong, perbatasan Jakarta Barat dengan Jakarta Selatan. Semula namanya bernama Jalan Raya Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. (dan)

Exit mobile version