Bang Pitung Jadi Nama Jalan, Camat Fasilitasi Perubahan Dokumen Kependudukan

Jalan Bang Pitung

Legenda Betawi Pitung diabadikan menjadi nama Jalan Bang Pitung, menggantikan Jalan Kebayoran Lama di Pertigaan Rawa Belong di Jakarta Barat. Foto: Dhika Alam Noor/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan bakal memfasilitasi dalam mengatur pergantian surat kependudukan, menyusul pergantian nama Jalan Raya Kebayoran Lama menjadi Jalan Bang Pitung. Seperti Kartu Keluarga, hingga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Dampak-dampak yang terjadi dari perubahan ini, kami dari Kelurahan, Kecamatan siap melakukan perubahan dan pelayanan administrasi,” kata Camat Kebayoran Lama Iwan Santoso saat dihubungi, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Ia menerangkan, sejumlah hal mengenai administrasi itu terdiri dari identitas diri atau kependudukan, menyangkut alamat kartu tanda pengenal dan Kartu Keluarga.

“Tentunya ini, juga ada perubahan terkait kepemilikan baik kendaraan, pertanahan, dan lainnya. Itu tentunya perlu administrasi pendukung,” ujar Iwan.

Proses perubahan tersebut dilakukan secara bertahap. “Itu adalah salah satu tugas kami dan itu perlu waktu untuk kepengurusan itu,” imbuhnya.

Ia menambahkan, nama Jalan Bang Pitung menggantikan Jalan Kebayoran Lama yang dari arah Palmerah hingga Perempatan RS Medika itu telah disosialisasikan kepada masyarakat sejak April 2022.

“Kami sudah sosialisasi berkali-kali dari RT/RW tokoh masyarakat, Kelurahan, Kantor Walikota juga diundang, lewat Zoom juga. Kami sudah melakukannya dari akhir bulan April,” tutur Iwan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai memasang plang beberapa nama jalan baru di Jakarta. Termasuk Jalan Bang Pitung, menggantikan Jalan Kebayoran Lama di Pertigaan Rawa Belong di Jakarta Barat, Minggu (19/6/2022).

Sementara papan nama Jalan Haji Bokir bin Djiun sudah terpasang dari simpang Jalan Raya Bogor atau pertigaan Hek hingga persimpangan lampu merah Tamini Square, Jakarta Timur.

Sedangkan, papan nama Jalan Mpok Nori juga telah terpasang menggantikan plang nama Jalan Raya Bambu Apus, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. (dan)

Exit mobile version