INDOPOS.CO.ID – Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) terus meningkatkan kualitas layanan dan aspek keselamatan kendaraan dalam pengangkutan penumpang.
“Kami ingin kualitas dan layanan kendaraan pengangkut penumpang bisa semakin meningkat,” ujar Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa di Jakarta, Rabu (6/7/2022).
Ia mengungkapkan standar tersebut sesuai dengan standar minimum pelayanan yang dibuat oleh pemerintah. Dengan TKDN Advance Mobility atau TAM Fleet di unit-unit bus milik Perum PPD, menurutnya akan menekan angka kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengemudi.
“Dengan sistem ini bisa memantau perilaku pengemudi, agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi,” katanya.
Sementara itu, Presiden Direktur TKDN David Santoso menuturkan, dengan sistem Advance Driver Assitance System (ADAS) dan Indicator R-Watch bisa memberikan peringatan awal, jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan hingga berpotensi tabrakan depan.
“Ada juga sistem yang bisa menghitung jumlah penumpang secara akurat hingga sistem GPS yang memantau posisi kendaraan secara real time,” katanya.
Ia mengatakan, teknologi yang terintegrasi bisa meningkatkan tingkat efisiensi operasional dan meningkatkan kepuasan penumpang. Dan mendukung terwujudnya smart city.
“Penting sekali program digitalisasi di sektor transportasi untuk mendukung smart city,” ungkapnya.
Sebelumnya, PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) menandatangani kerjasama dengan Perum PPD terkait peningkatan kualitas layanan dan keselamatan bagi penumpang di Jakarta. (nas)