Dukung PTM 100 Persen, Dinkes Kota Tangerang Lakukan Swab Acak di 50 Sekolah

swab

Dinas Kesehatan Kota Tangerang melakukan swab secara acak terhadap siswa dan guru di SD dan SMP. Foto: Humas Pemkot Tangerang untuk indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan swab antigen Covid-19 secara acak di 50 sekolah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Langkah ini dilakukan dalam rangka mendukung Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen dan langkah penanggulangan kasus Covid19 di lingkungan sekolah di Kota Tangerang. Swab acak surveilans PTM ini dimulai dari tanggal 20-23 Juli 2022 dengan total 1.650 sampel.

“Dari total sampel tersebut kita bagi ke 32 Sekolah Dasar (SD) dan 18 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Angka ini diambil dari 10 persen total sekolah di Kota Tangerang. Dengan 33 sampel di setiap sekolah, terdiri dari 30 pelajar dan tiga tenaga pendidik,” ujar Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni, Kamis (21/7/2022).

Dini mengatakan, untuk mengantisipasi adanya klaster baru di lingkungan sekolah, maka dilakukan swab secara acak. Jika ditemukan kasus positif, maka Dinkes akan melakukan penyembuhan dan pemeriksaan lebih lanjut dengan melakukan tracing kontak erat kepada warga sekolah dan keluarga.

“Jadi, jika positivity ratenya di atas lima persen maka akan dilakukan penutupan sekolah dan jika kurang dari lima persen kita akan lakukan penutupan kelas, setelah kita tracing warga sekolah dan keluarga,” ujarnya.

Selain melakukan swab acak, sebagai langkah penanggulangan Covid-19, Dini, mengimbau kepada orang tua agar selalu perhatikan protokol kesehatan dan selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.

“Selain menerapkan 5M yang telah lama kita ketahui dan jalani. Kita sebagai orang tua juga harus menerapkan PHBS, salah satunya dengan memberi makanan bergizi. Hal ini untuk mengantisipasi anak-anak kita jajan di luar, bukan hanya agar terhindar dari Covid-19 tetapi juga dari penyakit lain,” tutur Dini. (dam)

Exit mobile version