Sandal Buatan Napi Lapas Kelas I Tangerang Banjir Pesanan, Irwil I Apresiasi

Lapas Kelas I Tangerang

Sandal buatan warga binaan di Lapas Kelas I Tangerang yang banyak dipesan hotel. Foto: Humas KumHAM Banten untuk indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Presiden Republik Indonesia (Jokowi) memberikan perhatian khusus pada usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tanah air. Kini, Lembaga Pemasyarakat telah hadir di dalam mendukung produksi dalam negeri serta mendorong meningkatnya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui hasil produksi warga binaan pemasyarakatan. Diketahui produksi yang dihasilkan oleh warga binaan pemasyarakatan ini merupakan keberhasilan pembinaan di dalam lapas.

Hal ini disampaikan oleh Inspektur Wilayah I Inspektorat Jenderal Kemenkumham (Icon Siregar) dalam kunjungan kerjanya ke Lapas Kelas I Tangerang, Selasa (26/7/2022) didamping Kepala Bagian Program dan Humas Kanwil Banten, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan Kesehatan Rehabilitasi Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan Kanwil Banten, Tim dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham, dan Tim dari Kanwil Kemenkumham Banten.

Icon mengapresiasi hasil produksi warga binaan Lapas Kelas I Tangerang yang tak kalah dengan produk-produk komersil di luar lapas. Menurut Kalapas Kelas I Tangerang (Asep Sutandar), produk warga binaan memiliki kualitas yang bagus apalagi produk sandal karet ini sudah diminati oleh hotel-hotel atau institusi lainnya dan saat ini telah mendapatkan orderan sandal yang lumayan banyak.

“Luar biasa, keren produk-produk yang dihasilkan sangat bagus, tidak kalah dengan produk-produk dari luar. Kita harus cintai dan gunakan produk dalam negeri sesuai dengan instruksi Presiden Republik Indonesia dan ini bukti pemasyarakatan sudah hadir,” ujar Icon.

Selain sandal, ada sablon, pertanian, perikanan, dan masih banyak lagi keterampilan yang diberikan lapas kepada warga binaan. Sehingga dengan keterampilan ini tentunya dapat bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara saat mereka bebas nanti.

Tak luput, Irwil I meninjau sarana dan prasarana di area pelayanan publik seperti ruang penggeledahan badan wanita, ruang kunjungan, ruang studio musik, ruang kerja pegawai, ruang bimbingan kerja, klinik dan dapur.

Irwil I memuji ruang layanan kunjungan, bahwa sarana dan prasana pada ruang kunjungan sudah sesuai prosedur pencegahan covid dan hal ini dapat ditiru oleh Lapas-lapas lainnya.

Selain ruang kunjungan, Klinik Lapas juga mendapatkan pujian dari Irwil I dimana tampak klinik yang sangat rapih, bersih dan layak. Berdasarkan keterangan Kalapas Kelas I Tangerang (Asep Sutandar), bahwa klinik Lapas Kelas I Tangerang ditunjuk sebagai UPT percontohan dalam bidang kesehatan. (yas)

Exit mobile version