Tembok MTs Pondok Labu Telan Tiga Nyawa, Petugas Pasang Garis Polisi

Tembok MTs Pondok Labu Telan Tiga Nyawa, Petugas Pasang Garis Polisi - banjir mts3 - www.indopos.co.id

Banjir merendam Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 19 Pondok Labu, Jakarta Selatan setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Foto: Dok BNPB

INDOPOS.CO.ID –  Polres Metro Jakarta Selatan menyampaikan duka cita mendalam atas peristiwa tembok pembatas bangunan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 19 roboh di Jalan Pinang Kalijati, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Akibat kejadian itu sejumlah siswa meregang nyawa.

“Pertama kami menghaturkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas musibah di Pondok Labu ini beberapa jam yang lalu,” kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary di Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Pihak kepolisian membantu melakukan penanganan kejadian robohnya tembok di sekolah tersebut, bersama sejumlah pihak antata lain, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel), serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

“Sampai saat ini kami masih bekerja sama dengan Wali Kota (Jaksel), Kapolsek (Cilandak), Kodim (Jaksel), Damkar, PMI, BPBD,” tutur Ade.

Area sekolah itu sudah digaris polisi untuk dilakukan penyelidikan. Sekaligus mencegah kejadian serupa dalam beberapa waktu mendatang dan korban lainnya.

“Saat ini kami telah memasang police line, untuk mengamankan TKP dan antisipasi kemungkinan, karena kita tidak tahu kondisi bangunan seperti apa,” ujar Ade.

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji menuturkan kronologi kejadian robohnya tembok pembatas sekolah itu. Bermula karena derasnya hujan membuat area sekolah banjir dan air di selokan meluap.

“Kejadian bermula saat hujan deras menyebabkan air gorong-gorong meluap, dan menggenangi area sekolah MTsN 19,” ungkap Isnawa.

Namun, tembok pembatas sekolah tak kuat menahan derasnya arus banjir, sehingga ambruk. Pada waktu bersamaan di lokasi tersebut ada murid tengah bermain.

“Beberapa siswa yang sedang bermain di area taman sekolah tertimpa tembok yang roboh, karena tidak mampu menahan luapan air yang ada (bukan tembok ruangan kelas yang roboh),” ucap Iswana.

Peristiwa tembok roboh terjadi sekira pukul 14:50 WIB di Jalan Pinang Kalijati Nomor 1 RT.08/09, Kel. Pondok Labu, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan. Para korban meninggal dan luka akan dibantu Kementerian Agama (Kemenag). (dan)

Exit mobile version