BPBD DKI Sebut 8 RT di Jakarta Selatan Tergenang Air Hingga 40 Cm

BPBD DKI Sebut 8 RT di Jakarta Selatan Tergenang Air Hingga 40 Cm - banjir 1 - www.indopos.co.id

Banjir di Jakarta (dok INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat saat ini terdapat 8 RT atau 0,026 persen dari 30.470 RT di Jakarta tergenang air. Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji menyebut, 8 RT terdampak berada di Jakarta Selatan (Jaksel).

“Ketinggian genangan kurang lebih 40 Centimeter (Cm). Dan 8 RT berada di Jaksel,” ungkap Isnawa Adji melalui gawai, Rabu (12/10/2022).

Ia menyebut, 8 RT tersebut berada di Kelurahan Rawajati dan Kelurahan Pondok Pinang. 7 RT di Rawajati dan 1 RT di Pondok Pinang.

“Ketinggian air bervariatif dari 25 Cm hingga 30 Cm. Banjir disebabkan luapan Kali Ciliwung,” terangnya.

Ia mengatakan, upaya penanggulangan dilakukan BPBD DKI dengan berkoordinasi bersama dinas sumber daya air (SDA), dinas bina marga dan dinas gulkarmat. Penyedotan dilakukan dengan melibatkan pihak kecamatan dan kelurahan.

“Kami imbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan yang terjadi,” katanya.

Sebelumnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda wilayah Bogor dan sekitarnya. Demikian pula terjadi di sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Selasa (11/10/2022). Hal ini menyebabkan kenaikan status siaga Bendung Katulampa Siaga 3 (Waspada), Pos Pantau Depok menjadi Siaga 2 (Siaga) dan Pos Pesanggrahan Siaga 3 (Waspada). (nas)

Exit mobile version