Kolaborasi Utuh, Inkubator Berkembang, UMKM Tumbuh dan Indonesia Maju

Business Incubator Meetup Forum

Kolaborasi Utuh, Inkubator Berkembang, UMKM Tumbuh dan Indonesia Maju - inkubator - www.indopos.co.id

Kampus Umar Usman menyelenggarakan Business Incubator Meetup Forum yang bertempat di Aula Kampus Bisnis Umar Usman, Gedung Khadijah Learning Center Dompet Dhuafa, Keluragan Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Foto: Dompet Dhuafa untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Berkontribusi dalam upaya peningkatan Rasio Kewirausahaan di Indonesia, pada Rabu (26/10/2022), Kampus Umar Usman menyelenggarakan Business Incubator Meetup Forum yang bertempat di Aula Kampus Bisnis Umar Usman, Gedung Khadijah Learning Center Dompet Dhuafa, Keluragan Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

“Saya Sangat Apresiasis terkait Business Incubator Forum. Masalah UMKM tidak dapat berjalan sendirian harus saling berkolaborasi ke depannya. Peran satu sama lain sangat penting dalam mendorong roda UMKM di Indonesia. Semoga forum ini dapat mendongkrak perekonomian diwilayah Tangsel dan Indonesia,” kata Mukodas selaku Staff Ahli Wali Kota Tangerang Selatan.

Business Incubator Meetup Forum mengangkat tema “Kolaborasi Utuh, Inkubator Berkembang, UMKM Tumbuh, Indonesia Maju” merupakan kegiatan lanjutan dari realisasi komitmen Inkubator Bisnis Umar Usman dalam meningkatkan daya saing usaha dengan berbagai kegiatan.

Turut hadir Kementrian Koperasi dan UKM, Kementrian Perindustrian, Dewan Pengawas Yayasan Inkubator, LPDB KUKM, Dinas Koperasi dan UKM Tangerang Selatan, Yayasan Pendidikan Umar Usman, Dompet Dhuafa, Danone Indonesia, PT. Rebach International, Institut Kemandirian, Komunitas Forum Kewirausahaan Pemuda, media dan para tamu undangan lainnya.

“Forum ini sangat bermanfaat untuk pelaku UMKM di Tanggerang Selatan ataupun di Indonesia. Pandemi kemarin memang sangat dirasakan oleh pelaku UMKM di Indonesia. Saya berharap, Forum ini dapat menghadirkan Business Incubator yang dapat meningkatkan UMKM pascapandemi,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangerang Selatan, Warman.

Sementara itu, Kepala Inkubator Bisnis Umar Usman, Rendika Rezky menyampaikan, untuk dapat meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia tidaklah mudah, perlu berbagai upaya, berbagai program dan kolaborasi berbagai pihak.

“Salah satu untuk mencapai target tersebut yaitu dengan kolaborasi dengan berbagai pihak melalui forum diskusi yang telah diselenggarakan,” tuturnya.

Tujuan forum diskusi ini yaitu untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para UMKM dan Inkubator Bisnis, mulai dari akses pembiyaan, akses pasar dan akses lainnya. Diharapkan dari permasalahan yang disampaikan dapat ditemukan berbagai solusi efektif untuk menanggulanginya dan tercipta sinergitas berbagai pihak. Kolaborasi utuh dapat mengembangkan inkubator, menumbuhkan UMKM.

Selain itu, kegiatan ini dalam upaya membentuk Ekosistem Wirausaha dan mengumpulkan puzzle puzzle dari para Pihak yang memiliki Kepentingan, Kebijakan, Kepedulian didunia Wirausaha untuk melakukan kolaborasi. Dalam upaya meningkatkan kewirausahaan tidaklah mudah dan sangat sulit untuk berjalan sendiri sendiri. Untuk itu kegiatan ini sebagai langkah awal untuk menginisiasi kolaborasi dengan menggali permasalahan, program, kegiatan, dukungan yang masing masing pihak miliki untuk bisa diselaraskan dan dijalankan bersama.

Selanjutnya, hasil dari focus group discussion (FGD) akan ditindaklanjuti dengan membuat mapping, membuat pembagian peran yang akan dirumuskan dalam bentuk program kolaborasi Pentahelix yang konkrit demi Kewirausahaan Indonesia yang tumbuh dan Indonesia Maju.

Inkubator Bisnis Umar Usman berkomitmen untuk menginisiasi dan mengawal proses kolaborasi Pentahelix ini dan membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memanfaatkan peluang dan potensi yang ada untuk Wirausaha tumbuh dan Indonesia Maju. (adv)

Exit mobile version