Melalui Anugerah Wisata Desa, Harapan Pemkab Bogor Seperti Ini

Anugrah-Wisata-Daerah

Pemkab Bogor melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor menggelar Lomba Wisata Desa Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022. Foto : Pemkab Bogor indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor menggelar Lomba Wisata Desa Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022, pengumuman hasil penilaian juri atas kegiatan tersebut diselenggarakan dalam bentuk Festival Wisata Desa (Anugerah Wisata Desa) yang bertempat di Auditorium Setda Kabupaten Bogor pada 24 November 2022.

Mewakili Plt. Bupati Bogor, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan pariwisata desa merupakan bagian dari program pembangunan kawasan perdesaan untuk meningkatkan perekonomian desa melalui peningkatan nilai tambah dan daya saing produk/potensi lokal dengan mengoptimalkan sumberdaya dan kearifan lokal yang berwawasan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Festival wisata desa ini diadakan bukan hanya untuk mencari desa terbaik dengan potensi wisatanya, tetapi agar desa menemukenali potensi wisata di desanya dan dikelola langsung olah masyarakat desa setempat, sehingga dapat bermanfaat secara ekonomi sekaligus melestarikan lingkungan dan adat budaya setempat” ujar Sekda Kabupaten Bogor.

Menurutnya, pembangunan wisata desa juga terus didukung oleh Pemkab Bogor melalui program Satu Milyar Satu Desa (Samisade), yang dapat diarahkan untuk pembangunan infrastruktur melalui padat karya terutama pembangunan jalan desa di wilayah yang berhubungan dengan akses ekonomi seperti sentra UMKM, pesawahan, dan Kawasan Wisata.

“Saya minta kepada para kepala desa, hadiah festival wisata desa ini agar digunakan untuk merevitalisasi destinasi wisata di wilayahnya, dengan terus berinovasi dan mengoptimalkan peran BUMDES dalam mengembangkan wisata desa. Diantaranya dengan promosi insentif paket wisata melalui media sosial serta aktif bersinergi dengan lembaga pemerintah atau swasta, sekolah, ormas, komunitas dan lain sebagainya” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Deni Humaedi melaporkan dalam acara, bahwasannya Disbudpar terus mendorong desa-desa dengan potensi wisata yang luar biasa untuk dikelola secara profesional dengan mempunyai kelembagaan desa wisata, salah satunya dengan menyelenggarakan lomba desa wisata ini. Di tahun ini jumlah desa wisata meningkat menjadi 55 desa wisata.

“Dengan berbagai potensi wisata desa berupa obyek dan daya tarik wisata, tata hidup keseharian masyarakat desa, adat istiadat, seni budaya dan sumber daya manusianya untuk diberdayakan tentu dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke desa yang ada di Kabupaten Bogor. Desa wisata bukan sekedar trend, harus dikelola buat tambah keren” kata Deni Humaedi.

Diinformasikan juga bahwa lomba desa wisata ini diikuti oleh 50 desa dengan berbagai pengelola antara lain Bumdes dan Desa Wisata dengan total hadiah 1.275.000.000 untuk 15 pemenang yang dibagi menjadi 3 kategori (Kategori Maju, Berkembang dan Rintisan). Juara 1 sebesar Rp150 juta, Juara 2 sebesar Rp100 juta, Juara 3 sebesar Rp75 juta dan Juara Harapan sebesar Rp50 juta. (mg18)

Pemenang Anugerah Wisata Desa 2022 :

Kategori Desa Rintisan

1. Desa Bojongkulur Kec. Gunung Putri (Juara 1)
2. Desa Neglasari Kec. Dramaga (Juara 2)
3. Desa Megamendung Kec. Megamendung (Juara 3)

4. Desa Bojong Indah Kec. Parung (Juara Harapan)
5. Desa Pasirmukti Kec. Citereup (Juara Harapan)

Kategori Desa Berkembang

1. Desa Sirnajaya Kec. Sukamakmur (Juara 1)
2. Desa Cibadak Kec. Sukamakmur (Juara 2)
3. Desa Benteng Kec. Ciampea (Juara 3)

4. Desa Tamansari Kec. Tamansari (Juara Harapan)
5. Desa Sadeng Kec. Leuwisadeng (Juara Harapan)

Kategori Desa Maju

1. Desa Tugu Utara Kec. Cisarua (Juara 1)
2. Desa Batulayang Kec. Cisarua (Juara 2)
3. Desa Kiarasari Kec. Sukajaya (Juara 3)

4. Desa Purwabakti Kec. Pamijahan (Juara Harapan)
5. Desa Bantarkaret Kec. Nanggung (Juara Harapan)

Exit mobile version