Paman Keluarga Meninggal Dalam Rumah di Jakbar Rutin Lakukan Ritual

Paman Keluarga Meninggal Dalam Rumah di Jakbar Rutin Lakukan Ritual - rumah kalideres - www.indopos.co.id

Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara penemuan empat mayat dalam rumah di Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat.Foto: Indopos.co.id/Dhika Alam Noor

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mensinyalir salah satu korban meninggal dunia dalam rumah di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat aktif melakukan aktivitas ritual.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan, korban bernama Budiyanto Gunawan (68) berstatus paman dalam keluarga tersebut. Total ada empat orang dalam keluarga tersebut.

“Ada kecenderungan salah satu keluarga yang dominan mengarah kepada (mendiang) Budiyanto, bahwa yang bersangkutan memiliki sikap positif terhadap aktivitas ritual tertentu,” kata Hengki di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Namun, polisi belum memerinci soal aktivitas ritual yang kerap dilakukan korban. Diketahui ritual itu dilakukan dengan kepercayaan untuk mendatangkan kebaikan.

“Hal ini mengakibatkan, adanya suatu belief dalam keluarga tersebut bahwa upaya membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga dilakukan melalui ritual tertentu,” jelas Hengki.

Penyebab kematian empat orang dalam rumah di kawasan Kalideres, Jakarta Barat masih menjadi misteri. Dugaan kelaparan telah terbantahkan, meski hasil autopsi awal menunjukan lambung mereka tak ada sisa makanan.

Kepala Divisi Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengemukakan, pihaknya telah mengumpulkan barang bukti dari dalam rumah itu. Sekaligus melakukan olah tempat kejadian perkara pada beberapa waktu lalu.

“Kita melibatkan kedokteran forensik, kemudian kedokteran kepolisian dan Labfor untuk mengetahui penyebab kematian ini. Namun, arah pemeriksaan sampai dengan hari ini memang bisa dikatakan bukan karena mati kelaparan,” ucap Zulpan di Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Kondisi keempat jasad itu sudah mengering ditemukan pada, Kamis (10/11/2022). Mereka adalah Rudyanto Gunawan (71 tahun) dan istrinya, Margaretha Gunawan (58). Lalu anaknya, Dian (40) dan paman Budyanto Gunawan (68). (dan)

Exit mobile version