BMKG Jelaskan Fenomena Banyak Ikan Terdampar di Pantai Jakarta

ikan

Ilustrasi ikan di laut. (Freepik)

INDOPOS.CO.ID – Warga pesisir Pantai Mutiara Jakarta Utara dikejutkan dengan kemunculan ikan-ikan yang terdampar di tepi laut baru-baru ini. Kejadian tersebut direkam warga hingga berujung viral di media sosial.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo menerangkan, peristiwa tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya ialah tekanan oksigen dari dalam laut.

“Ini para peneliti masih menduga, perlu penelitian lebih lanjut bisa disebabkan oleh perbedaan kadar oksigen dari laut yang lebih tengah ke pesisir atau garis pantai,” kata Eko dalam keterangan video, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Selain itu, bisa disebabkan oleh tingkat kesuburan air laut yang merupakan bagian dari rantai makanan tempat berkumpulnya ikan.

“Kemudian terdorong oleh arus laut atau dari dorongan energi gelombang menuju kawasan pesisir kemudian gerombolan ikan ini bisa naik ke daratan,” jelas Eko.

Ia menambahkan, fenomena itu bukan pertanda terkait bencana. Karenanya masyarakat diminta tidak panik. Anggapan lain angin laut bisa telah mendorong ikan-ikan itu mengikuti arus.

“Perlu penelitian lebih lanjut dan ini bukan tersebab terjadinya gempa. sekali lagi masyarakat tidak perlu panik. ini bukan karena adanya gempa,” ujar Eko.

Video amatir beredar luas di jejaring pesan singkat WhatsApp menampilkan sejumlah ikan laut berukuran sedang naik ke daratan dan terdampar di Pantai Mutiara Jakarta Utara itu. (dan)

Exit mobile version