Pemkot Tangerang Luncurkan Aplikasi E-Raport Kurikulum Merdeka

kurikulum

Dinas Pendidikan Kota Tangerang melakukan launching aplikasi E-Raport Kurikulum Merdeka untuk tingkat Sekolah Dasar (SD). (Humas Pemkot Tangerang)

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan melakukan launching aplikasi E-Raport Kurikulum Merdeka untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) secara daring, pada Selasa (13/12/2022).

Pembuatan E-Raport tersebut merupakan kolaborasi yang melibatkan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang dan langsung direview oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Banten.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin menjelaskan bahwa E-Raport Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memudahkan orang tua dalam mengakses hasil nilai sekolah anak per semester, serta memudahkan bapak dan ibu guru dalam menginput data atau nilai yang sudah dihasilkan oleh para murid kurang lebih dalam satu semester. Dengan begitu memudahkan kaitannya dengan angka, deskripsi dan sebagainya.

“Alhamdulillah E-Raport Kurikulum Merdeka ini sudah dapat digunakan oleh para guru dan orang tua secara online. Dan E-Raport Kurikulum Merdeka ini adalah E-Raport pertama yang dibuat oleh kabupaten/kota se-Indonesia dan ini merupakan bagian dari digitalisasi pendidikan. Insaallah secara bertahap kita terus melangkah untuk mendigitalisasi pendidikan di Kota Tangerang,” jelas Jamaluddin.

Diketahui E-Raport Kurikulum Merdeka ini digunakan oleh sekolah penggerak yang saat ini ada 75 sekolah dari seluruh jenjang dan sekolah penyelenggara implementasi kurikulum merdeka mandiri berubah atau berbagi yang saat ini sudah mencapai 86% sekolah.

“Untuk mengakomodir penilaian dalam pembelajaran berdeferensiasi ini maka E-Raport Kurikulum Merdeka dibagi menjadi tiga tipe yaitu untuk siswa berkebutuhan khusus atau sekolah berkarakteristik, untuk siswa dengan capaian pembelajaran bertahap, dan untuk siswa dengan capaian pembelajaran langsung,” lanjut Jamaluddin.

Jamaluddin berharap dengan adanya E-Raport ini dapat meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan kualitas pembelajaran dan juga berdaya saing.

“Ke depannya semoga kita dapat mengembangkan aplikasi E-Raport untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP),” ungkapnya.

Setelah melaunching E-Raport, Dinas Pendidikan Kota Tangerang sekaligus menggelar webinar dengan tema “E-Raport sebagai Bagian dari Digitalisasi dalam Pendidikan” dengan narasumber dari BPMP yakni Dr. Raden Ahmad Hadian AP., M.Pd.

“Webinar tersebut untuk penguatan kepada para guru dan kepala sekolah terkait dengan E-Raport Kurikulum Merdeka, dan dilakukan juga sosialisasi terakit dengan Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” tutup Jamaluddin. (dam)

Exit mobile version